}); 15 Wisata Danau Toba Paling Memikat Ini Wajib Mendunia | BeritaSimalungun
Home » , » 15 Wisata Danau Toba Paling Memikat Ini Wajib Mendunia

15 Wisata Danau Toba Paling Memikat Ini Wajib Mendunia

Written By Beritasimalungun on Saturday, 18 May 2019 | 17:20



wisata danau toba | credit: @parsamosir
Beritasimalungun-Terbentuk akibat fenomena tekto-vulkanik dengan cekungan seluas 1.130 km² dan terhampar di 7 kabupaten sekaligus, panorama keindahan alam dan kekayaan atraksi budaya menjadi daya tarik memukau dari wisata Danau Toba.

Banyak tempat wisata di Danau Toba yang sudah cukup mendunia dan dikenal luas oleh wisatawan mancanegara. Lengkapnya fasilitas berupa hotel dan penginapan ditambah kemudahan transportasi turut mendukung predikat destinasi Danau Toba sebagai tujuan berlibur favorit di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi.


Destinasi dan Tempat Wisata Danau Toba

Pada artikel berikut, pariwisatasumut.net akan mengulas deretan obyek wisata lama dan baru di Danau Toba, dipilih berdasarkan 7 kabupaten yang memiliki wilayah administratif di kawasan tersebut.


1. Jelajah 'Parapat' Si Kota yang Legendaris

kota parapat via @dolokheryanto.s
Menghabiskan waktu di Parapat tidak akan membuat bosan, sebab di kota kecil mirip teluk ini ada banyak sekali wisata Danau Toba yang cantik dan menawan.

Sejak dahulu, tempat wisata di Danau Toba ini sudah terkenal dan cukup melegenda. Terbukti dari keberadaan rumah pengasingan yang dulunya dijadikan sebagai kediaman tokoh proklamator oleh Belanda. Pun pantainya, banyak tersebar dan mudah ditemukan di berbagai sudut.

Pesona Parapat yang memikat semakin bertambah berkat penginapan dan hotel di bibir pantai sehingga wisatawan tak perlu kesulitan untuk mencari tempat kalau mau menginap.


2. Berpetualang ke Bukit Holbung yang Memikat di Samosir

kiri @iwanvanwillan kanan @awanikhwan
Aktivitas wajib saat berlibur ke Danau Toba adalah merasakan atmosphere dingin di malam hari dengan kegiatan berkemah. Ya, camping di perbukitan sejatinya membuat Traveler semakin menyatu dengan alam.

Wisata eksotik di Samosir bukanlah 1 atau 2 saja, pesatnya pertumbuhan wisata disini membuat banyak penduduk dan investor membuka destinasi baru. Sebut saja Holbung yang tampak anggun dengan panorama menawan.

Lokasi Holbung terletak di Desa Janji Martahan. Tiket masuk ke obyek wisata Danau Toba ini hanya Rp10.000/orang. Selain untuk nge-trip 1 hari, pengelola pun sudah menyediakan lapak camping bagi pengunjung.

3. Mengunjungi Destinasi Baru di Danau Toba, Pulo Sibandang

sibandang island via @deboramotret
Deretan wisata Danau Toba lainnya yang gak kalah menarik yaitu Pulau Sibandang. Yap, Pulo Sibandang ini dicap sebagai pulau kedua paling besar di Tao Toba lho!.

Di sini, Traveler bisa mengunjungi beberapa obyek wisata yang sudah dikembangkan Kabupaten Tapanuli Utara seperti melihat proses pembuatan Ulos, mengunjungi pantai menawan hingga menelusuri peradaban Batak.

Untuk mencapai destinasi Danau Toba ini tidaklah sulit, bisa naik kapal penyeberangan dari Pelabuhan Muara. Hingga sekarang, tidak ada tiket masuk bagi pengunjung yang mau berlibur ke pulau di Danau Toba ini.


4. Sisi Lain dari Balige, Berlibur ke Meat

meat balige via @shinobi.anbu
Tidak jauh dari Pakkodian Toba, ada sebuah wilayah bernama Meat, tepatnya di Kecamatan Tampahan, Toba Samosir. Tempat wisata di Danau Toba ini memang sama sekali belum terkenal. Namun, eksotika keindahannya sungguh menawan.

Di obyek ini, Traveler akan leluasa memandangi permadani biru, menutupi permukaan Gunung Toba dengan cekungan airnya. Nah, di Meat Anda bisa berfoto karena hampir keseluruhan spot disini instagenik.

Meat Balige berlokasi di Tampahan yang masuk wilayah administratif Tobasa. Terbuka untuk publik tanpa dikenai tiket masuk atau retribusi.


5. Menepi Sejenak ke Paropo, Ranukumbolo Versi Sumatera Utara

ranukumbolonya sumut nih via @ikepratamaputrii
Viral sejak 2016 lalu, sisi menarik dari Paropo adalah adanya bukit kecil yang menjorok ke Tao Silalahi. Air danau yang di tempat ini juga masih segar dan jauh dari polusi sehingga cocok untuk berenang.

Selain berfoto, para pengunjung lebih banyak datang ke wisata Danau Toba, Paropo untuk mendirikan tenda di tepi danau. Sekarang ada banyak penyedia sewa tenda di lokasi yang mempermudah wisatawan. Selanjutnya, Traveler bisa melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi tempat wisata di Danau Toba lainnya yakni Tugu Silalahi dan Bukit Siantaratas.

Lokasi Paropo bisa ditemukan dengan mudah, masuk Kecamatan Silahisabungan di Desa Paropo, Dairi, Sumatera Utara. Soal tiket masuk, tergantung dimana Anda akan camping, jika hanya ke pantai, retribusinya hanya Rp5.000/pengunjung.


7. Menikmati Air Terjun Tertinggi ke-2 di Sumut, Air Terjun Sipiso-Piso

air terjun sipiso-piso via @tatadianaa
Pesona keindahan air terjun di Sipiso-piso tergolong banyak menuai perhatian dari traveler mancanegara. Jatuh dari ketinggian 120 meter dan mengalir menuju muara Danau Toba di Tongging, Sipiso-piso pun cukup menantang karena pengunjung wajib menuruni tangga yang jumlahnya mencapai ratusan.

Selain dari mengabadikan lewat kamera, di Air Terjun Sipiso-Piso yang instagenik ini Anda pun dapat mandi dan menyegarkan badan setelah lelah menuruni tangga.

Lokasi wisata alam di Danau Toba yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Karo ini terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo. Untuk tiket masuk hanya Rp10.000/orang.


8. Melancong ke Destinasi Unik Danau Toba, Sidihoni

danau sidihoni via @rickykevinpurba
Tidaklah banyak orang mengetahui kalau di Danau Toba sendiri ada destinasi yang mendapatkan julukan danau di atas danau, inilah Danau Sidihoni yang menawan di tengah-tengah pulau Samosir.

Obyek wisata unik di Samosir tersebut sudah cukup terkenal dan sering kali dijadikan lokasi syuting oleh banyak stasiun televisi yang menghadirkan acara jalan-jalan. Alasannya apalagi kalau bukan posisi dan gelarnya yang unik.

Destinasi Danau Toba yang memikat ini beralamat di Desa Salaon Toba, Kecamatan Ronggur Ni Huta. Tak perlu berpikir tentang retribusi masuk, karena pengunjung yang datang ke Danau Sidihoni tidak perlu mengeluarkan biaya.


9. Pelopor Wisata Kreatif di Danau Toba, Bukit Indah Simarjarunjung

bukit indah simarjarunjung via @adee_syahputraa
Siapa tak tau Bukit Indah Simarjarunjung? mengandalkan sisi kreatif dari sang pendiri, bukit ini juga pernah viral saat pertama kali dibuka. Di sini sobat Traveler pasti tak pernah bosan untuk berswa-foto karena banyaknya spot-spot yang didirikan oleh pemilik.

Sebut saja ayunan melayang, tiruan raksasa king-kong dan masih banyak sekali spot lainnya. Gak sedikit pasangan yang bikin foto pre-wedding di Bukit Indah Simarjarunjung, lho!. Kalau mau ke tempat wisata di Danau Toba tersebut, kawan Traveler bisa langsung ke Desa Simarjarunjung, Simalungun. Biaya masuknya Rp20.000/pengunjung.


10. Hamparan Sawah yang Memikat di Bonan Dolok

bonan dolok via @mhd_reyhann
Wisata keren di Danau Toba ini menampilkan sisi lain dari Samosir yang selama ini terkenal dengan Toba. Ya, Bonan Dolok baru saja naik daun lantaran keindahan lahan sawahnya yang luas membentang.

Ingin menyaksikan langsung potret keindahan tempat wisata di Danau Toba bernama Bonan Dolok ini? Traveler hanya perlu menuju lokasi di Sianjur Mula-Mula, Kab. Samosir karena sama sekali tak ada retribusi masuk bagi para pengunjung.


11. Ke Aek Rangat, Merasakan Sensasi Belerang

wisata danau toba via @disparkabsamosir
Destinasi selanjutnya adalah Aek Rangat di kaki Pusuk Buhit. Aek Rangat adalah pemandian air panas atau hotspring yang sumber airnya berasal dari bebatuan kapur. Air belerang tersebut kemudian dialirkan ke berbagai kolam atau bak.

Tempat wisata di Danau Toba ini juga memiliki pemandangan yang memanjakan mata. Anda pun bisa singgah ke Rumah Doa yang baru didirikan pada 2018 lalu. Sebuah bangunan unik yang menghadap Danau Toba.

Tiket masuk ke Aek Rangat masih gratis untuk perseorangan. Jika ingin bersama rombongan, Traveler bisa menyewa satu tempat dengan biaya sewa sekitar Rp50.000 atau Rp150.000.


12. Mengagumi Sejarah Museum Batak di Desa Wisata Tomok Parsaoran

museum batak tomok
Sebenarnya ada banyak sekali museum di Kabupaten Samosir yang memiliki koleksi terkait peradaban dan sejarah tentang Batak, seperti Museum Huta Bolon Simanindo dan Museum Batak di Tomok.

Di Museum Batak pengunjung akan menyaksikan kesenian khas Batak yang ditarikan oleh Patung Sigale-Gale. Sigale-Gale sendiri merupakan patung terbuat dari kayu yang bisa menari dengan bantuan manusia. Menariknya, Museum Batak ini dekat dari pusat oleh-oleh di Samosir sehingga bisa sekalian membeli cinderamata saat pulang dari traveling.

Biaya masuk ke Museum Batak yang terletak di Tomok ini dipasang tarif Rp5.000/pengunjung. Tiket tersebut sudah termasuk menonton atraksi dan menari Tortor. Sebagai informasi, rata-rata pengunjung Museum Batak merupakan turis mancanegara.


13. The Kaldera Toba Nomadic Escape

the kaldera toba nomadic escape via @jalutajam
The Kaldera Toba Nomadic Escape ini dikhususkan untuk wisatawan nomaden atau lebih dikenal dengan istilah nomadic tourism. Terlihat unik karena berupa tenda camping namun di dalamnya bisa dijumpai fasilitas setara hotel berbintang.

The Kaldera Toba Nomadic Espace dirancang sedemikian rupa sehingga tetap bagi generasi milenial yang butuh destinasi instagenic. Apalagi view di sekitar Nomadic Toba Escape ini sangat memukau dan berhadapan dengan Danau Toba.

Lokasi The Kaldera Toba Nomadic Escape ini terletak di Desa Sibisa, tepatnya di kecamatan Ajibata, Tobasa. Tak sulit lho menemukan destinasi tersebut karena cukup dekat dari Bandara Sibisa.


14. Wisata Religi Danau Toba, Menara Doa Sinatapan

menara doa sinatapan - credit: @boss_maruly
Berdiri tepat di tepian Tao Toba, Menara Doa Sinatapan merupakan destinasi yang baru dibuka sejak tahun 2016 lalu, didirikan oleh KombesPol Jannes Sinurat dan terbuka untuk setiap pengunjung, bangunan Menara Doa Sinatapan didominasi warna kuning dan merah.

Menara Doa Sinatapan tidak hanya diperuntukkan bagi umat Nasrani, tetapi siapa saja bisa datang untuk sekedar menengok atau menyaksikan hamparan danau yang terpampang luas persis di depan bangunan. Nah, di Menara Doa ini para pengunjung biasanya berdoa kepada Sang Khalik.


15. Bukit Doa Taber (Tapanuli Bersinar)

bukit doa taber - credit: antoni hutauruk
Obyek wisata religi di Danau Toba yang berada di bukit dengan ketinggian 1.555 mdpl ini dikelilingi perbukitan pohon pinus. Nah, Bukit Doa Taber sendiri mulai dibangun sejak 1996 dan mulai aktif digunakan pada 2014 lalu

Saat ini, Bukit Doa Taber atau sering juga dijuluki Bukit Doa Hutaginjang ini punya beberapa bilik untuk tempat berdoa sehingga cocok untuk retreat dan kebaktian. Sayangnya, belum ada transportasi langsung ke Bukit Doa Taber di Huta Ginjang, Tapanuli Utara tersebut. Sebab itu, wajib untuk menggunakan kendaraan pribadi..

15 tempat wisata yang sudah tim pariwisatasumut.net sebut di atas semoga bisa menjadi referensi liburan kamu saat traveling ke Danau Toba. (Th.E/WH/PSN).
Share this article :

Post a Comment