Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Hutan di Sibaganding Terbakar

TERBAKAR- Kawasan Hutan Sibatu Loting Register 18 Simalungun, persis terletak di atas Jalinsum Parapat menghadap Danau Toba terbakar, Minggu (27/5).TERBAKAR- Kawasan Hutan Sibatu Loting Register 18 Simalungun, persis terletak di atas Jalinsum Parapat menghadap Danau Toba terbakar, Minggu (27/5).PARAPAT- Kawasan hutan Sibatu Loting Register 18 Simalungun yang terletak di perbukitan Panatapan Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, dilalap si jago merah, Minggu (27/5) sore. Hingga berita ini diturunkan, api masih tampak menyala.

Informasi dihimpun METRO, awalnya, sekira pukul 13.00 WIB api masih tampak kecil, namun karena berada di ketinggian hingga tidak seorang pun yang berani memadamkannya. Menurut personel Koramil Parapat, Pelda E Damanik, mereka bersama 4 orang warga  sudah berupaya memadamkan kobaran api di atas. Namun api masih tetap menjalar membakar alang- alang dan makin membesar pada malam hari.

Camat Girsang Sipangan Bolon Drs Ojahan Nainggolan selanjutnya menugaskan 1 unit mobil pemadam kebakaran setelah harus berulang kali mengambil air untuk disemprotkan di sekitar titik rawan di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) untuk mengantisipasi kobaran api jangan sempai merambat ke pinggir Jalinsum yang sudah dipadati bangunan kios.

“Kita berupaya menghindari kios-kios dan jalan raya jangan sampai dilalap api. Hingga malam ini kami masih berada di lapangan mengantisipasi manatau api membesar lagi,” ujarnya. Sementara di areal perbukitan yang sangat sulit dijangkau masih terlihat kobaran api merambat ke sebelah kiri, tak jauh dari penghijauan prasasti CCA  yang bersebelahan dengan tempat penangkaran monyet Marsuse dan sebelah kanan arah Bangun Dolok yang banyak ditumbuhi pepohonan pinus besar.

Sekedar informasi, minggu terakhir ini kawasan Danau Toba sudah jarang turun hujan. Sepertinya mulai Mei ini sudah memasuki musim kemarau sehingga suhu udara semakin meningkat dan terasa panas dari biasanya. Keadaan ini pun rentan terhadap kebakaran. (metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments