Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kontroversi Konsumsi Daging Anjing

Sanksank B1

Olahan B1 Saksang Jadi Santapan Wajib Upacara Adat Suku Batak


BERITASIMALUNGUN.COM, Bukan sekedar makanan, daging beberapa hewan yang dianggap tidak umum dikonsumsi menjadi bagian santapan masyarakat beberapa suku di Indonesia. Jika di Jawa dikenal dengan sengsu dan Manado dengan RW, tanah Batak punya racikan b1 yang ternama. 

Suku Batak di tanah Sumatra Utara sendiri, ada enam sub suku. Terdiri dari Batak Karo, Batak Toba, Batak Angkola, Batak Mandahiling, Batak Pakpak dan Batak Simalungun. Dari sub suku tersebut, Batak Mandahiling adalah satu- satunya yang masyarakatnya beragama Islam. 

Daging ayam, babi, kebau, dan anjing adalah beberapa yang paling banyak dinikmati suku Batak Karo, Batak Toba, dan Batak Pakpak. Khususnya daging anjing, masyarakat mempunyai sebutan yaitu b1 yang datang dari kata 'biang' atau pendamping tuak alias 'tambul'. Karenanya daging hewan tersebut banyak juga disebut sebagai tambul biang. 

Menurut GoBatak (13/08/2014), konsumsi daging anjing bisa menyembuhkan penyakit seperti demam berdarah dan tifus. Daging b1 lazim dikonsumsi sebagai hidangan sehari- hari serta upcara perkawinan serta adat. Ada dua racikan bumbu yang umum dipakai yaitu saksang dan beberapa lapo juga menyajikan kreasi rica- rica. 

Saksang adalah hidangan berkuah kental kecokelatan yang biasanya diracik bersama daging b1, ayam, atau sapi. Kuahnya yang kenyal berasal dari darah hewan yang dicampur dengan bumbu seperti kelapa perut, andaliman, ketumbar, jahe, lengkuas, kunyit, serai, daun jeruk purut, dan daun salam. Setelah matang disajikan dengan daun singkong tumbuk. 

Kepopuleran saksang juga ikut terbawa saat mulai banyaknya Lapo (restoran khas Sumatra Utara) di Jakarta. Walau penjualannya masih belum mengalahkan b2 (babi), Lapo Ni Tondong Ta di Jl. Gelora Los A1, Senayan menyatakan b1 masih cukup diminati. 

“Seharinya kita bisa menghabiskan 7 kg daging b1, tapi karena satu porsinya cukup besar jumlah tersebut dibuat untuk tiga hingga empat porsi. Berbeda dengan b2 yang jumlah daging tersebut bisa jadi dua kali lipat,” tutur Riskawati Purba selaku pemilik Lapo Ni Tondong Ta kepada DetikFood (13/08/2014). 

Daging- daging b1 yang ia beli diakui berasal dari pemasok yang berdomisili di Cililitan, Jakarta Timur. Daging sudah dibeli dalam bentuk karkas dari bagian seperti paha dan punggung. Satu kg nya dijual dengan harga Rp 35.000 hingga 40.000. 

“Harga tergantung kondisinya, kalau potongannya terlalu banyak lemak harganya sekitar Rp 35.000 hingga 37.000 karena lemak itu akan dibuang. Tapi, pas kondisinya bagus dan banyak daging dihargai Rp 40.000,” tambahnya. Di jaringan restorannya, dikatakan hanya ada variasi b1 rica- rica yang satu porsinya dijual dengan harga Rp 30.000.(dtk)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments