. REFLEKSI PASCA-SINODE BOLON 42 GKPS | BeritaSimalungun
Home » , » REFLEKSI PASCA-SINODE BOLON 42 GKPS

REFLEKSI PASCA-SINODE BOLON 42 GKPS

Written By Beritasimalungun on Sunday, 21 June 2015 | 07:24

https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hprofile-xfp1/v/t1.0-1/p200x200/10336749_10153051119593155_5752923545367258477_n.jpg?oh=a8bbdf12a5da068521f2903a2bd44f69&oe=5628DDC6
Pdt Martin Lukito Sinaga

Oleh : Pdt Martin Lukito Sinaga

Senin pagi (15 Juni 2015), saya di UIN Medan (Jalan Willem Iskandar) menyempatkan diri dengan teman-teman membahas RUU Perlindungan agama. Jadi ada jarak dengan Sinode barusan, maka bisa merenung.

Tampaknya di dalam kehidupan gereja (khususnya saat periodisasi gerejawi/SB) ada 2 arus yang terjadi, 1. kekuatan Rohani dan 2. Arena Politik yang terbentuk (mohon dipahami "politik" disini berkonotasi netral: "Seni membangun pengaruh"). Kami (dengan teman-teman muda GKPS) hendak membuat ikhtiar, yaitu mempertemukan kedua arus ini. 

"Arus rohani" yang diajukan kira-kira mengenai pembaruan teologi GKPS, pengembangan organisasi yg transparan (ke arah "financial security"), dan pengembangan serba-kepemimpinan yang berkarakter dan cakap. Nah, soal terbesar ialah membawa ini ke arena politik gereja secara elegan dan etis (tanpa mencederai hidup/karir seseorang, tanpa "black campaign"). 

Maka strategi politisnya tentulah membangun wacana argumentatif, agar dukungan datang secara sukarela; dalam bahasa gerakan sosial kontemporer yang kami upayakan ialah semacam masuknya "orangramai" (similitude) ke dalam optimisme pembaharuan GKPS. 

Tentu ini bisa bersifat "tanggung", -mudah di blok(ade) oleh jejaring yang telah dibentuk, dan kurang kokoh meraih suara saat pemilihan. DAN HASIL akhirnya kita tahu semua -spt gambar di bawah-, saya kekurangan pemilih. 

TAPI, -sambil menghibur diri barangkali- bahwa "you may lost the battle, but win the war", ada yang telah KITA SEMUA GKPS MENANGKAN. Pertama/ke-1, betapa sehatnya budaya "sipartamuei" -hospitality" org simalungun: saya diterima begitu cepat, dan mencapat dukungan tanpa disangka banyaknya. Ke-2, amat bisa Yang Rohani di atas memasuki dan "menggarami" yang politis. Hanya perlu waktu dan proses meyakinkan bahwa bisa koq periodisasi/sinode itu "murni", dalam arti gagasan rohani MENENTUKAN kemenangan politis. 

Eporus dan Sekjen dan 30 anggota Maj gereja GKPS yang terpilih barusan, jelas-jelas memiliki daya Rohani, walau tentu masing-masing menerjemahkannya dengan jalan politis yang beragam. Jadi saya masih percaya pada model 1/2-N + 1, dan jangan kita buru-buru mengira bahwa "buang undi" (sijomput na sinurat) adalah solusi terbaik. Majulah GKPS!. (Penulis Majelis Gereja (GKPS) Perutusan Pendeta Periode-2015-2020).
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.