Home » , » Mengangkat Citra Indonesia "Si Merica Batak"

Mengangkat Citra Indonesia "Si Merica Batak"

Written By Beritasimalungun on Friday, 19 August 2016 | 20:52

Tanaman Andaliman di Simalugun Gotting Raya

Tanaman Andaliman di Simalugun Gotting Raya
BeritaSimalungun.com-Indonesian lemon pepper, terdengar asing? Mungkin ini kedengaran asing bagi banyak kalangan. Merica Batak, apakah juga terdengar asing? jawabannya mungkin hampir serupa. Andaliman, apakah juga terdengar asing? 

Mungkin bagi suku tertentu khususnya yang lahir besar di dataran tinggi Sumatera Utara, ini cukup familiar di telinga. Andaliman yang dikenal dengan merica batak ini memang masih membuat penasaran bagi sejumlah kita masyarakat Indonesia. 

Sebab tanaman perdu ini hanya tumbuh di dataran tinggi kabupaten Tapanuli Utara, Simalugun Gotting Raya,Toba Samosir, Humbang Hasundutan dan nyaris tidak ditemukan di daerah lain. 

Meskipun disebut merica Batak, ternyata andaliman yang juga di kenal sebagai Indonesian lemon pepper (bau khas aroma jeruk lemon) ini juga dikonsumsi sejumlah negara seperti di Cina, Jepang, Korea,Thailand, Nepal, India, Pakistan, Myanmar dan Himalaya. 

Namanya juga cukup elok, seperti di Cina yang menyebut andaliman ini dengan sebutan Sichuan pepper, chinese pepper, di Nepal dikenal sebagai Nepal pepper dan lain-lain. Bentuknya seperti merica, tergolong genus Zanthoxylum acanthopodium suku jeruk-jerukkan. 

Memiliki aroma yang khas seperti jeruk lemon sedikit agak tajam yang selalu tertinggal dalam ingatan. Budidaya andaliman ini masih sangat jarang dilakukan, wajar jika banyak dari masyarakat Indonesia sendiri bingung ketika disebutkan bahwa Indonesia memiliki rempah masak yang bercitarasa tinggi dengan nama seperti yang saya sebutkan di atas. 

Dalam sejumlah masakan batak seperti arsik ikan mas, saksang, mie gomak, dengke digunakan rempah ini dan menjadikannya ciri khas masakan nusantara bercitarasa tinggi. 

Di negara lain sering dipakai untuk memasak daging dan membumbui ikan, juga dalam menu mie dan sup. Harga andaliman bervariasi, di daerah asalnya masih cukup terjangkau. Namun untuk daerah Jawa juga tempat tinggal kami di Pulau Batam selain rempah ini langka di pasaran juga harganya cenderung mahal berkisar 50.000-100.000 per ons. 

Hanya dapat dijumpai di pasar tradisional tertentu. Sehingga para perantau suku batak, terkadang harus menahan rasa rindu masakan khas kampung halamannya. 

Walaupun saya bukanlah suku batak asli (batak jadi-jadian) namun saya begitu jatuh cinta dengan rempah yang satu ini. Masakan mertua selalu terasa nikmat. Rupa-rupanya yang enak itu hampir tidak lepas dari andaliman. 

Beberapa hari lalu, mataku mendadak terang disela-sela rasa kantuk ada sambal andaliman botolan yang sudah dikemas dipampang menggiurkan di media sosial. 

Karya anak bangsa yang perlu mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, ini satu potensi untuk memperkenalkan rempah khas nusantara yang sudah langka ke seluruh pelosok negeri bahkan tidak mustahil sampai ketingkat mancanegara. 

Air ludah sepertinya menetes, mungkin anda juga akan mengalami hal serupa ketika otak anda terprogram akan sesuatu yang begitu mengundang selera seperti andaliman. 

Sifat Karminativum pada andaliman akan merangsang produksi air liur, menambah selera makan, harum khasnya dapat digunakan sebagai aromatherapi. 

Rasa kelu akan terasa di ujung lidah seperti tersengat listrik ringan oleh kandungan hydroxy alpha sanshool adalah sensasi tersendiri ketika makanan dengan rempah ini masuk ke dalam mulut. Sehingga benar kalau andaliman ini dikatakan rempah yang tiada duanya. 

Anda akan dibuat ketagihan dan sulit melupakannya. Dari sejumlah sumber yang saya dapatkan, ternyata andaliman selain memanjakan lidah dan penciuman, mengandung berbagai zat gizi yang cukup penting bagi tubuh manusia, diantaranya adalah vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan lainnya. 

Penelitian mengungkap kandungan kimia dan aktivitas fisiologis senyawa sumber aromatik dan minyak essensial, minyak atsiri, senyawa geranil asetat, sitronelal, geraniol, geranial, linalool, limonen. 

Peran andaliman bagi kesehatan tubuh adalah sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, sehingga mencegah pembentukan sel tumor dan sel kanker. Memelihara kesehatan mata, kesehatan tulang, mencegah proses peradangan (anti inflamasi), memperlancar haid, memperlancar aliran darah, sebagai anti mikroba dan anti jamur. 

Andaliman sudah seharusnya dibudidayakan lebih dan diperhatikan oleh pemerintah setempat, sebab si merica batak ini memiliki prospek dan potensi tinggi di bidang pangan dan kesehatan. 

Jika pemerintah jeli dan bisa melihat pasar, maka citra andaliman "Indonesian Lemon Pepper" adalah salah satu kandidat untuk mewakili Indonesia di pasar ekspor. Anda masih penasaran dengan Indonesian Lemon Pepper si merica batak yang dikenal juga dengan andaliman ini? tunggu apalagi, cari dan temukan segera di toko pedia onjstoreciganjur. 

Salah satu bentuk partisipasi kita dalam era pembangunan adalah dengan menggalakkan rasa cinta pada produk sendiri, menghargai karya anak bangsa . Bangga memakai produk sendiri !!.(Delicia)
Share this article :

Post a Comment