. Menkominfo Ingin RUU Perlindungan Data Pribadi Disahkan 2020 | BeritaSimalungun
Home » , » Menkominfo Ingin RUU Perlindungan Data Pribadi Disahkan 2020

Menkominfo Ingin RUU Perlindungan Data Pribadi Disahkan 2020

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 10 December 2019 | 06:55

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.
Jakarta, BS- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate berharap Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) dapat disahkan paling lambat pada 2020. Johnny mengatakan RUU ini menjadi usulan dari pemerintah dan akan didorong masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2020.

"Saya mohon dengan sangat Indonesia sudah seharusnya, paling lambat pada tahun 2020, kita memiliki Indonesian GDPR, Indonesian general data protection regulation atau RUU PDP itu harus kita selesaikan dalam tahun 2020," ujar Johnny dalam acara diskusi bersama Forum Pemred di Crowne Plaza, Semanggi, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Johnny mengatakan pihaknya telah mengirimkan draf RUU PDP ke Presiden Jokowi. Dalam draf tersebut, diatur sejumlah hal mulai dari kedaulatan data (data sovereignty), perlindungan data pribadi, dan penggunaan data.

"Yang menjadi persoalan data, adalah persoalan kepentingan keamanan dan pertahanan suatu negara, perlindungan data pribadi dan kepentingan penggunaan data," ungkap dia.

Menurut Johnny, penggunana data di Indonesia bermasalah dari aspek kecepatan dan akurasi. Selama ini, kata dia, bangsa Indonesia berperang data post-truth atau data hoax.

"Ini yang perlu kita tata kembali, agar datanya benar dulu baru ditransmisi dan data-data khususnya pribadi tidak disalahgunakan," tandas dia.

Johnny menegaskan data memiliki nilai yang strategis, bahkan melebihi nilai minyak dan gas. Sejumlah negara di dunia ada yang pecah hanya karena persoalan data sehingga persoalan data ini menjadi topik pembahasan khusus di sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Di PBB, ketika saya mengikuti sidang di sana, justru didorong perlu adanya standar atau protokol perpindahan cross-border data," tutur dia.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan pemerintah akan membangun integrated data center atau pusat data terintegrasi di empat daerah yakni Batam, Manado, Bekasi, dan Kabupaten Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara. Pasalnya, kata Johnny, Indonesia memiliki banyak pusat data yang tersebar di berbagai wilayah.

"Selain dari pemerintah, ada juga pusat data dari swasta. Kita juga mendorang agar mereka membuat pusat data terintegrasi, supaya jangan hanya mencari utung di Indonesia," pungkas Johnny.
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.