Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ke 8 Tahun 2022 Di Parapat

Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi menghadiri Pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara (Sumut) ke-8 tahun 2022 di Open Stage Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (27/7/2022).

Paparat, BS
-Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi menghadiri Pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara (Sumut) ke-8 tahun 2022 di Open Stage Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (27/7/2022).

Pekan inovasi dan investasi yang berlangsung selama tiga hari 27 s/d 29 Juli 2022 itu secara resmi di buka oleh Gebernur Sumatera Utara (Gubsu) diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Ir Arief Sudarto Tri Nugroho MT, di tandai dengan pemukulan gonrang.

Secara bersama-sama pemukulan gorang juga dilakukan antara lain Wakil Bupati Simalungun, Danrem 022/PT Kolonel Inf Lukman Arif, Bupati Labura Hendriyanto Sitorus, Dandim 0207/SML Letkol Inf Handrianus Yossy, Kajari Simalungun Bobby Sandri, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, Deputi Direksi Wilayah Sumut II Dr Mariamah.

Ketua Panitia Husrinal menyampaikan Pekan inovasi dan investasi berlangsung selama tiga hari, mengangkat tema Kemitraan Investor dan UMKM mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

Giat pekan inovasi dan Investasi ini diikuti oleh 70 peserta terdiri Kementerian, Pemprovsu, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN dan BUMD, Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, Perbankan, Pelaku Usaha di luar instansi.

Selain itu, pada kegiatan itu juga ditampilkan berbagai kegiatan dan hiburan. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) diwakili Asisten Ekbang dalam sambutannya menyampaikan, pekan inovasi dan investasi Sumatera Utara pertama kali di lakukan di luar Kota Medan yang sudah 7 kali dilaksankan.

"Jadi yang ke 8 ini dilaksankan di Kota Parapat dan kemungkinan juga akan dilaksanakan di Kabupaten/kota lainnya untuk memperkenalkan produk UMK dan UMKM,"kata Arief.

Dikatakan, dari tema pada kegiatan pekan inovasi dan investasi ada dua hal yang diangkat yaitu kemitraan UMK dan pertumbuhan ekonomi.

"Pada masa pandemi kemarin pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah mengalami kontraksi/penurunan termasuk di Sunatera Utara, namun pada pertumbuhan ekonomi terakhir ini mengalami hal positif, sudah tumbuh, namun tingkat inflasi masih lebih tinggi,kata Arief.

Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk pertumbuhan ekonomi ini agar lebih meningkat lagi dan juga inflasi dapat dikendalikan. "Kemitraan UMKM ini adalah salah satunya mendorong pertumbuhan ekonomi,"kata Arief.

Untuk itu, Arief mengajak seluruh investor dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan lainnya dan para pelaku usaha agar bangkit bersama-sama untuk memulihkan ekonomi nasional khususnya di Sumatera Utara.

Sementara itu Wakil Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan apreasiasi yang tinggi kepada Pemprovsu yang telah menetapkan Parapat Kabupaten  Simalungun tempat dilaksanakannya kegiatan Pekan Invasi dan Investasi Sumatera Utara ke 8 tahun 2022.

"Lebih kurang dua tahun setengah pandemi Covid-19, kondisi pariwisata di Danau Toba ini terpuruk. Dengan diadakannya event ini diharapkan timbul kembali kepercayaan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri terhadap periwisata kita di Danau Toba ini,"kata Wakil Bupati.

Disampaikan Wakil Bupati, dalam bulan ini ada tiga event yang telah dilaksanakan di Parapat yakni MTQ Korpri Tingkat Prov. Sumut, Summit W20 yang di hadiri 16 negara. 

"Dan ini kegiatan yang ketiga, kami menyambutnya dengan baik dan semoga para tamu kita nantinya dapat menikmati keindahan Danau Toba ini,"sebut Wakil Bupati sembari menyampaikan bahwa di Simalungun ada Batu Gantung, Geosite dan banyak lagi objek wisata lainnya. 

Usai pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan stand yang sudah disiapkan dari berbagai kabupaten/kota dan instansi terkait di Open Stage Parapat.

Tampak hadir antara lain, Wakil Walikota Sibolga Pantas Lumbantobing, kepala dinas Penanaman Modal dan PPTSP Sumut dan Kabupaten/kota serta dari Kabupaten Solok, sejumlah pimpinan pejabat di lingkungan Pemkab Simalungun, perwakilan Kanwil BI Sumut, Dekranasda Sumut dan Kabupaten/kota, BUMN dan BUMD.(BS-Rel)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments