Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pesta Danau Toba 2012 Batal Digelar

SIMALUNGUN - Pesta Danau Toba (PDT) 2012 yang rencananya digelar pada Juni mendatang, dipastikan batal. Penyebabnya, agenda rutin pariwisata Sumatera Utara (Sumut) tak dianggarkan dalam APBD 2012 Sumut.

"Tidak jadi kami gelar, karena anggarannnya tidak ditampung di APBD murni Sumut," kata Bupati Simalungun JR Saragih,(foto) ketika ditemui di Kelurahan Nagori Bosar, Panambei Panei, Simalungun, Senin (14/5/2012).

JR membantah PDT 2012 batal digelar akibat ketidaksiapan panitia, yang diketuai Kepala Bappeda Simalungun Jan Wanner Saragih.

Ia menjelaskan, tidak dianggarkannya dana PDT 2012 di APBD Sumut, disampaikan langsung oleh Sekprov Sumut Nurdin Lubis, kepada panitia yang dibentuk dengan SK Gubernur Sumut. 

Dalam pertemuan itu, Sekprov mengatakan anggaran ini baru diplot di APBD 2012 Perubahan. Ini membuat panitia yang telah siap melaksanakan kegiatan tersebut pada Juni, tidak bisa bergerak.

"Kami tidak ada jaminan, bahkan angka anggaran yang bisa digunakan juga tidak diketahui," tutur JR.
JR menuturkan, Sekprov berdalih anggaran PDT 2012 diplot dalam APBD Perubahan 2012, karena diperkirakan hajatan tahunan tersebut dilaksanakan pada Desember. Padahal, dalam SK kepanitiaan PDT 2012 yang diteken Gubernur Sumut, ditegaskan pembiayaan ditanggung APBD Sumut.

"Kalau kalimat ini dihapuskan, kami bisa mencari sponsor, atau kami bisa tampung di APBD Simalungun," paparnya.

Menurut JR, kebutuhan dana PDT 2012 sama seperti tahun lalu, yakni sekitar Rp 3 miliar.
"Perlu saya kasih tahu, PDT 2013 akan menjadi even nasional. Kami sudah rapat di Kementerian Pariwisata, dan akan ditentukan tanggal dan bulan setiap tahun, kemudian akan ditampung di APBN," jelasnya.

Sementara, anggota DPRD Sumatera Utara Brilian Moktar, membantah dana PDT 2012 tidak dimasukkan dalam APBD. Menurutnya, sejak awal sudah dianggarkan dana sekitar Rp 1 miliar untuk pelaksanaan pesta budaya tahunan tersebut.

"Sudah kami anggarkan sekitar Rp 1 miliar," cetus Brilian.

Brilian mengaku heran jika ada kabar yang mengatakan PDT 2012 tidak ada dalam APBD 2012. Karena, pada pembukaan PDT 2011 lalu, Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho sudah menunjuk langsung Ketua Panitia PDT 2012, yakni Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih. (http://www.tribunnews.com)


Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments