. Walikota Diminta Berdayakan Putra/i Simalungun | BeritaSimalungun
Home » » Walikota Diminta Berdayakan Putra/i Simalungun

Walikota Diminta Berdayakan Putra/i Simalungun

Written By GKPS JAMBI on Wednesday, 17 April 2013 | 12:19



Jan Wiserdo Saragaih
SIANTAR – Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (DPP KNPSI) meminta Walikota Pematangsiantar Hulman Sitorus SE agar melakukan perimbangan dalam penempatan pejabat struktural di Pemko Siantar dengan memberdayakan putra daerah Simalungun.

Ketua DPP KNPSI Janwiserdo Sumbayak mengatakan, Kota Pematangsiantar adalah tanah leluhur dan tanah budaya suku Simalungun. Karenanya, walikota diminta memperhatikan nilai kearifan lokal, yakni dengan memberdayakan putra-putri Simalungun untuk menjabat di pemerintahan.

“Raja Siantar adalah Raja Sangnawaluh Damanik dan kemudian motto Pematangsiantar yang diambil dari bahasa asli Simalungun, yakni Sapangambei Manoktok Hitei. Selain itu ada juga peninggalan sejarah Simalungun dan perkantoran pemerintahan/BUMN menggunakan ornamen Simalungun yang walaupun saat ini tinggal beberapa saja yang membuat. Namun saat ini dari seluruh pejabat, putra asli Simalungun sangat minim,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam Permendiknas UU Nomor 22 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya pengajaran bahasa daerah di sekolah-sekolah, sudah jelas diuraikan bagaimana tugas seorang kepala daerah dalam hal mengakomodir dalam hal pelestarian budaya asli daerah tersebut.

“Karenanya, saya meminta Walikota Pematangsiantar mengevaluasi kembali dan memperhatikan nilai kearifan lokal. Dengan demikian nilai budaya Simalungun tetap terlestarikan dan semakin baik dari sebelumnya,” ujar Janwiserdo.

Sebelumnya, menanggapi hal itu, Walikota Pematangsiantar Hulman Sitorus mengatakan, pihaknya tidak pernah mengabaikan keberimbangan komposisi pejabat dari aspek heterogenitas.

“Sejak saya memimpin Siantar, saya memahami itu. Semua sudah kita lakukan secara proporsional. Silahkan saja ada yang berpendapat seperti itu karena itu bagian dari demokrasi. Kita tetap objektif menyikapinya,” ujar Hulman.

Sementara Kabag Humas Daniel Siregar menambahkan, terkait pelajaran bahasa daerah Simalungun yang belum diterapkan, usulan-usulan itu akan didiskusikan dulu. Salah satu kendalanya adalah perubahan kurikulum secara nasional.

“Kalau memang ada lembaga yang sudah memasukkan konsepnya ke pemerintah, silahkan berdiskusi langsung ke Dinas Pendidikan,” katanya.

Daniel, bahwa kalau memang nantinya setelah pembicaraan terangkum, tidak tertutup kemungkinan usulan itu dapat ditindaklanjuti, asalkan setiap kebijakan tersebut tidak melanggar ketentuan perundang-undangan yang ada.

“Sepanjang itu demi kebaikan generasi penerus bangsa termasuk pemeliharaan budaya maka pemerintah tetap mendukungnya,” ujarnya.(Copas MSC)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.