Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Catatan Pinggir Jannerson Girsang Soal Perkebunan Teh PTP IV Desa Simantin Pane Simalungun

Kebun Teh Simantin Pane, Kabupaten Simalungun.IST

Photo ini adalah perkebunan teh milik PTP IV di desa Simantin Pane, Simalungun. Lokasinya beberapa kilometer dari Simpang Raya. Dari Simpang Raya ke lokasi ini, semua perkebunan teh sudah dikonversi menjadi Kelapa Sawit. Semoga Perkebunan yang sisa ini tidak dikonversi lagi. Kalau itu terjadi, maka foto ini akan menjadi kenangan kejayaan teh di Simalungun. 
Kebun Teh Simantin Pane, Kabupaten Simalungun.IST

Tanaman teh bagi Kabupaten Simalungun bukan hanya bernilai ekonomis, tetapi juga historis. Konversi tanaman teh ke perkebunan kelapa sawit harus mempertimbangkan nilai sejarah. Simalungun adalah perkebunan teh terbesar di Asia Tenggara. Mempertahankan perkebunan teh ini adalah mempertahankan nama kabupaten ini di mata dunia. Tiga generasi: orang tua saya, saya dan anak saya ingin nama itu tetap bertengger di Simalungun.

Perkebunan teh milik PTP IV di desa Simantin Pane, Simalungun.

Orang tuaku yang sudah berusia 77 tahun banyak bercerita tentang perkebunan teh Sidamanik. Di masa mudanya, mereka masing-masing punya kisah menarik tentang perkebunan ini. Sesuatu yang tak bisa dinilai harganya dengan "materi".  (Sumber FB: Jannerson Girsang)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments