Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Daya Beli Berkurang, Harga Mangga Pesisir Danau Toba di Simalungun Anjlok



Mangga Hutaimbaru: Sebanyak 50kg mangga asal Hutaimbaru dikirim St Berlin Manihuruk untuk anaknya di Kota Jambi, tiba Jumat 25 Juli 2014. Foto Asenk Lee Saragih

BERITASIMALUNGUN.COM, Hutaimbaru-Akibat dampak dari letusan Gunung Sinabung beberapa waktu lalu, daya beli masyarakat Karo, khususnya di Kota Berastagi dan Kabanjahe terhadap mangga asal Pesisir Danau Toba di Simalungun sangat minim. Sebelum letusan Gunung Sinabung daya beli warga Karo terhadap mangga asal Danau Toba sangat tinggi.

“Dampak dari letusan Gunung Sinabung itu, warga Karo, khususnya Berastagi dan Kabanjahe sangat minim minat beli buah, khususnya mangga asal Pesisir Danau Toba di Simalungun. Tahun-tahun lalu, distribusi mangga asal Simalungun hamper 80 persen ke Berastagi dan Kabanjahe. Kalau kini hanya 40 persen ke kota itu. Sehingga harga mangga hanya dipatok Rp 5.000 per kilogram. Padahal tahun lalu bisa hingga Rp 7 ribu hingga Rp 8 ribu ditingkat petani,” ujar St Berlin Manihuruk, petani mangga Desa Hutaimbaru, Kecamatan Pamatang Silimakuta, Kabupaten Simalungun kepada BS, Sabtu 26 Juli 2014 lewat telepon. 

Menurut Berlin Manihuruk, kini harga di agen hanya Rp 5000/kg. Petani tak punya nilai tawar untuk menaikkan harga. Alasan tengkulak karena daya beli mangga di Berastagi dan Kabanjahe, Karo kini sangat minim akibat dampak letusan Gunung Sinabung. 

Kini mangga asal Simalungun banyak dijual ke Siantar, Medan dan Binjei, Tebing Tinggi. Minat warga konsumsi buah di kota itu sangat minim. “Minat konsumsi buah sangat tinggi di Berastagi dan Kabanjahe,” ujar Berlin Manihuruk.

“Walau harga Rp 5000/kg terpaksa harus direlakan. Karena itu yang ada untuk dijual, daripada busk di pokok mangga itu sendiri. Syukurlah masih ada panen mangga di Desa Pesisir Danau Toba Simalungun seperti Desa Hutaimbaru, Nagori Purba, Gaol, Binangara, Nagori, Soping, Baluhut, Soping Sabah, Bage, Sibolangit,” katanya. (Asenk Lee Saragih)


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments