. Bekas Wakil Ketua DPRD Simalungun Ditangkap Karena Menipu Jadi Calo PNS dan Broker Proyek | BeritaSimalungun
Home » , » Bekas Wakil Ketua DPRD Simalungun Ditangkap Karena Menipu Jadi Calo PNS dan Broker Proyek

Bekas Wakil Ketua DPRD Simalungun Ditangkap Karena Menipu Jadi Calo PNS dan Broker Proyek

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 7 October 2014 | 14:54

 Julius  Silalahi
Julius Silalahi
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Julius Silalahi, bekas Wakil Ketua DPRD Simalungun, Sumatera Utara periode 2009-2014 ditahan di Polres Simalungun. Tersangka ditahan karena tersandung kasus penipuan dan penggelapan.

Kapolres Simalungun AKBP Andi Sahriful Taufik menjelaskan, sebelum resmi ditahan, tersangka ditangkap Rabu (1/10/2014) saat berada di salah satu warung kopi di Pematangsiantar. Penangkapan tersangka berdasarkan laporan pengaduan Albrin Silalahi yang menjadi korban penipuan.

"Tersangka menjanjikan bisa memasukkan anak korban menjadi PNS dengan memberikan uang sebesar Rp 150 juta. Tapi janjinya tidak pernah dipenuhi," ujar AKBP Andi Sahriful Taufik, Kamis (2/10/2014) di Pematang Raya.

Setelah ditangkap dan dibawah ke polres, jelas Andi, korban dan tersangka melakukan perdamaian. Namun berdasarkan laporan pengaduan lain, tersangka terpaksa tetap ditahan karena terjerat dua kasus penipuan dan penggelapan lainnya.

"Meski sudah berdamai dengan korban Albrin, tersangka kita tahan karena ada kasus yang sama dengan 2 orang korban," ujar alumni Akpol 1994 itu.

Diungkapkan Andi, korban Jono Silalahi yang merupakan pengusaha, ditipu Rp 690 juta dengan iming-iming mendapatkan proyek di Pemkab Simalungun. Sedang korban G Gultom menderita kerugian Rp 145 juta.

"Jadi total kerugian Rp 985 juta. Modus terhadap korban Gultom sama seperti korban Albrin Silalahi. Dijanjikan bisa memasukkan anak korban menjadi PNS," jelas Andi.

Tersangka saat ini telah ditahan di Polres Simalungun setelah menjalani pemeriksaan.

Sementara kepada wartawan, Julius mengakui menerima uang dari ketiga korban. Hanya saja, menurut Julius, uang dari Jono Silalahi diserahkan kepada 3 orang lainnya. Diantaranya AS yang diakuinya abang Bupati Simalungun menerima uang sebesar Rp 290 juta. Sedang sebagian lagi diserahkan kepada S dan T mantan kepala dinas di Pemkab Simalungun masing masing Rp 50 juta dan Rp 350 juta.

"Uangnya ku kasih ke abang Bupati Simalungun sebagian. Itu untuk untuk mengurus proyek di Jakarta," ucap Julius Silalahi.

Menurut informasi, selain ketiga korban, ada beberapa warga lainnya yang juga menjadi korban penipuan tersangka dengan modus dijanjikan masuk PNS dan janji mendapatkan proyek.(bpb)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.