Info Terkini

10/recent/ticker-posts

BI Pematangsiantar Dorong Pengembangan Wirausaha Muda

Kota Pematangsiantar
BERITASIMALUNGUN.COM, Pematangsiantar-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar, Sumatera Utara, mendorong pengembangan wirausahawan muda dengan memberikan pelatihan manajemen usaha kepada 30 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).


Manager Unit Akses Keuangan dan UMKM Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, James Wilson Lumbantobing, di Pematangsiantar, Rabu menyampaikan pelatihan diadakan pada 11-12 Oktober 2014 di Hotel Niagara Parapat, diikuti 30 pelaku UMKM dari Kabupaten Simalungun, Batubara, Asahan dan Kota Pematangsiantar.

"Potensi berkembang UMKM sangat besar, hanya saja mereka perlu pembekalan dan informasi manajemen usaha yang baik dan benar," kata James.

Analis di BI Pematangsiantar itu melihat, para pelaku UMKM kebanyakan terpola pada manajemen konvensional, hanya mengandalkan semangat dan modal dalam menjalankan usahanya.

"Kami harapkan dengan pelatihan ini ada transformasi dari pola konvensional ke pola kreatif dan inovatif sehingga memberikan nilai tambah usaha," kata James.

Selain itu, kata James, muncul pula wirausahawan muda yahng menjadi pengusaha cerdas dalam mengelola usaha dengan prinsip "Usaha Jalan, Pengusaha Jalan-jalan".

Untuk tujuan ini, lanjut dia, BI menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidang pengembangan UMKM supaya peserta memperoleh pengetahuan secara teoritis dan praktis.

"Sedangkan peserta datang dari pengusaha kuliner, ritel, kerajinan tangan songket, sepatu kulit, kopi, konveksi hingga fotokopi," sebut James.(ant)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments