. SUKSESI DAN KEBERSAMAAN | BeritaSimalungun
Home » , » SUKSESI DAN KEBERSAMAAN

SUKSESI DAN KEBERSAMAAN

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 23 June 2015 | 21:22

Wisuda si bontot, Devee Girsang. dari President University, Cikarang, Jakarta, 6 Juni 2015. "Doa dan air mata senantiasa kami panjatkan, saat menjelang pembayaran uang kuliah jatuh tempo. Tuhan Maha Baik. PertolonganNya tidak pernah terlambat". Komplit putri Patricia Marcelina Girsang, Clara Mariana Girsang, putri almarhum adikku Parker Trisha Melanie Girsangdan putra tunggal Bernard Patralison Girsang, serta kedua menantu: Anja Novalianto, Frederick Simanjuntak. Kedua cucu Andra dan Javier. Kebahagiaan terbesar bagi orang tua adalah melihat anak-anaknya bersatu dan saling mengasihi.
Oleh: Jannerson Girsang

Pemimpin adalah orang yang terbiasa melayani, bukan dilayani. Meski mereka bukan lagi menjabat sebuah jabatan, tetap harus melakukan pelayanan supaya tetap eksis, dan sumberdaya yang dimilikinya bermanfaat bagi bangsa ini.

Mungkin pelayanannya dalam bentuk yang berbeda dengan sebelumnya, supaya tidak bentrok dengan pemimpin penggantinya, karena tidak boleh ada dua "matahari".

Seorang mantan Presiden, misalnya, kita ambil contoh di Amerika Serikat, tetap difungsikan oleh Presiden yang berkuasa.

Jimmy Carter, Clinton, acapkali kita dengar menjadi utusan negeri Paman Sam itu ke suatu acara resmi kenegaraan di luar negeri. Para mantan Presiden tetap eksis dan aktif di berbagai organisasi sosial dan menjadi partner pemerintah yang sedang berkuasa.

Memberdayakan para pemimpin yang digantikannya adalah salah satu kehebatan seorang pemimpin, dan merupakan tugas penting pejabat yang berkuasa. Sebaliknya, menyembunyikan, melenyapkan pemimpin yang digantikannya, cenderung menimbulkan masalah di kemudian hari.

Sayangnya, kebiasaan seperti ini masih jarang terjadi di Indonesia. Pejabat yang digantikan biasanya diabaikan saja, bahkan cenderung dilenyapkan. Inilah contoh yang kita lihat terjadi pada Bung Karno, ketika Soeharto berkuasa. Sehingga kurang jaminan kebersamaan, kesinambungan ide dan implementasinya.

Ide-ide yang baik dari Bung Karno, seperti nation character building terlupakan, ide-ide pembangunan yang dirintis Presiden Soeharto: swa sembada pangan, keluarga berencana, berbagai pembangunan industri, tidak berkesinambungan. Korupsi yang menjadi kesalahan besar Soeharto, justru makin menggila di era reformasi ini.

Pemimpin baru cenderung melemahkan, melupakan, bahkan menghapus prestasi pemimpin sebelumnya. Sejarah tidak tercatat dengan runut, akhirnya puluhan tahun kemudian tetap memunculkan konflik.

Parahnya lagi, bangsa ini sulit menetapkan apakah Soekarno pahlawan nasional atau bukan, karena prestasinya sengaja dikaburkan penggantinya, mengundang pro-kontra di masyarakat.

Puluhan tahun bangsa ini baru mampu mengatakan Soekarno adalah Pahlawan Nasional. Bahkan hingga saat ini Soeharto belum ditetapkan statusnya: Pahlawan atau bukan!.
 
Belakangan, ada fenomena yang menggembirakan. Serah terima jabatan Presiden sudah berlangsung dengan baik. Semoga diikuti pejabat-pejabat di bawahnya, seperti Gubernur, Bupati, Walikota, Rektor Perguruan Tinggi, organisasi keagamaan, ormas-ormas lainnya dan semua lembaga.

Perpaduan pengalaman para pemimpin yang lama dengan yang baru sungguh sebuah kekayaan negara, lembaga, organisasi, karena menambah kemampuan memberdayakan banyak "mata" dalam memandang sebuah masalah.

Selain itu dengan berpadunya para pemimpin lama dan baru, mengurangi beban pemimpin baru atas ekses-ekses yang mungkin timbul dari rasa ketidakpuasan pengikut pemimpin lama.
Semoga didengar orang yang bertelinga dan dilihat orang yang melek matanya.(St Jannerson Girsang)
Share this article :

Post a comment

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

Mengucapkan

Mengucapkan
Selamat Natal 25 Desember 2020

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.