. Fraksi Gerindra DPRD Simalungun Sebut Kinerja JR Saragih Amburadul | BeritaSimalungun
Home » , » Fraksi Gerindra DPRD Simalungun Sebut Kinerja JR Saragih Amburadul

Fraksi Gerindra DPRD Simalungun Sebut Kinerja JR Saragih Amburadul

Written By Beritasimalungun on Thursday, 9 July 2015 | 17:01

Logo Partai Gerindra
ilustrasi

BERITASIMALUNGUN.COM-Kinerja Pemerintah Kabupaten Simalungun tahun anggaran 2014 yang dipimpin Bupati JR Saragih, tak becus dan amburadul, khususnya pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, prioritas program yang dituangkan di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2014, tidak sesuai dengan fakta yang ada.
Demikian diungkapkan Sastro Joyo Sirait, juru bicara Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Simalungun, saat membacakan pendapat akhir terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Simalungun tahun anggaran 2014, Rabu (8/7/2015).
Permasalahan yang diungkapkan, sebanyak 12 poin, diantaranya ;
pertama, Bupati JR Saragih diminta segera mengajukan rancangan peraturan daerah tentang nagori (desa), dan bagi para kepala nagori yang telah habis masa jabatannya, agar pengangkatan pelaksana tugas, senantiasa mempedomani ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Bahwa temuan di lapangan, ada beberapa nagori yang dalam pelaksanan ADD, dananya belum direalisasikan 100 persen. Untuk itu, diharapkan kepada Pemkab Simalungun, agar segera melakukan pembayaran sehingga tak menjadi permasalahan di kemudian hari,” kata Sastro.
Kedua, target pendapatan yang ditetapkan di RAPBD 2014 tidak rasional, sehingga, di P-APBD, drastis mengalami penurunan sebesar Rp 92 miliar. Akan tetapi di pos anggaran belanja hibah dan belanja sosial, mengalami kenaikan sebesar Rp 144 miliar.
Ketiga, telah terjadi pengkatrolan anggaran pendapatan daerah yang tidak wajar. Sisa dana tunjangan sertifikasi dan sisa dana tambahan penghasilan PNS sebesar Rp 4,2 miliar, dialihkan untuk membayar program kegiatan lain.
Keempat, pelaksanan DAK tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Diketahui, sisa dana DAK tahun 2014, digunakan untuk pembayaran atas pelaksanaan program dan kegiatan yang tidak didanai DAK.
Kelima, belanja jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan yang dianggarkan sebesar Rp 16,76 miliar, dan realisasi Rp 14,47 miliar, dialokasikan untuk perlindungan kesehatan dan ketenagakerjaan nagori, di antaranya maujana, penggali kubur dan masyarakat miskin.
Bagi Fraksi Gerindra, hal itu tidak tepat, karena masyarakat miskin sudah ditanggung oleh pemerintah pusat, Keenam, Bupati Simalungun, melalui DPPKA untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah sesuai standar akuntansi pemerintah. (Penulis : Manson Purba)

Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.