. Manik Selamatkan Oppung Riski dari Kebakaran | BeritaSimalungun
Home » » Manik Selamatkan Oppung Riski dari Kebakaran

Manik Selamatkan Oppung Riski dari Kebakaran

Written By Beritasimalungun on Thursday, 24 September 2015 | 22:36

Rumah Op Maringan boru Sinaga yang habis dilalap api. (foto : manson).
Rumah Op Maringan boru Sinaga yang habis dilalap api. (Foto : Manson).
BERITASIMALUNGUN.COM, Panei Tongah-P Manik, warga Saba II, Simpang Panei, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun melakukan aksi heroik saat terjadi kebakaran dua unit rumah di kampungnya, Selasa (22/9/2015) malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Manik menyelamatkan Op Riski (79), perempuan tua yang rumahnya ikut terbakar saat itu. Cerita Manik, awalnya dia mengetahui kebakaran setelah ada suara bising di luar rumah. Ada teriakan,”pamate..pamate api i..”

Dia pun bergegas keluar rumah. Dan kaget melihat rumah Op Maringan boru Sinaga (80) dan Op Riski telah dikepung api. Saat itu, kata Manik, dia melihat rumah Op Riski sudah mulai habis dilalap api. Sadar nyawa pemilik rumah itu terancam, dengan cepat dia mendobrak pintu rumah perempuan tua itu.

Manik berhasil menyelamatkan Op Riski, sementara warga lain sibuk memadamkan api dan mengeluarkan barang-barang milik Op Maringan yang bisa diselamatkan dengan cepat.

“Jika tidak didobrak, maka kemungkinan Op Riski bisa terbakar di dalam rumah,” terang Manik.

Api baru padam satu jam kemudian, itupun berkat kesigapan warga sekitar menjinakkan api menggunakan alat seadanya. Sedangkan pemadam baru tiba setelah api padam.

Pengakuan warga lain, kebakaran diketahui setelah adanya teriakan dari pengendara yang melintas di jalan raya, persis di depan rumah terbakar itu. Teriakan itu disusul teriakan warga lainnya yang baru pulang minum tuak.

Warga yang mendengar teriakan ada kebakaran, spontan berhamburan keluar rumah dan beramai-ramai berusaha memadamkan api dan mengeluarkan sejumlah barang berharga dari dua rumah tersebut.

“Warga berbondong-bondong melakukan pertolongan dengan menyelamatkan barang-barang korban. Akan tetapi, akibat kobaran api, barang yang selamat hanya tivi dan kereta saja. Sisanya hangus terbakar,” kata pria berkulit hitam ini.

Pemadaman dilakukan secara manual dengan merusak pipa air. Itu tak lain karena mobil pemadam sangat lama tiba, yakni satu jam sejak peristiwa itu diberitahu.

Pangulu Nagori Simpang Panei, Friston Hutabulian mengira kerugian akibat ganasnya si jago merah hampir sekitar Rp 130 juta. Dia bilang tidak ada korban jiwa dan api diduga dari hubungan arus pendek listrik.

“Dugaan asal api bisa dari korsleting listrik. Itu masih diduga. Dalam hal ini, kami sangat berharap adanya partisipasi dari Pemkab Simalungun dan langkah awal warga khususnya muda-mudi akan melakukan penggalangan partipasi warga pengguna jalan. Dan hal ini sudah dilaporkan ke Dinas Sosial,” kata pangulu.

Informasi didapat, saat kejadian kebakaran rumah ditinggal Op Maringan. Dia sedang di rumah salah seorang anaknya Nurhaida boru Sinaga (53). Di rumah saat kejadian, Sarmida boru Gultom (62) dan seorang anaknya laki-laki Riko Purba (32).

“Jadi saya selaku pemilik rumah sudah dua hari tidak berada di rumah dan bermalam di rumah anak saya, Nurhaida boru Sinaga,” kata Op Maringan. (Manson Purba)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.