. Bung Surya Mana Janjimu Bubarkan Partai Nasdem | BeritaSimalungun
Home » , » Bung Surya Mana Janjimu Bubarkan Partai Nasdem

Bung Surya Mana Janjimu Bubarkan Partai Nasdem

Written By Beritasimalungun on Friday, 16 October 2015 | 06:07

 Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh
BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Mungkin Ungkapan mulutmu harimaumu cocok untuk Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh saat ini. Saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sekjen Nasdem Patrice Rio Capella sebagai tersangka dalam dugaan korupsi dana Bansos Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (15/10).

Pasalnya Surya pernah mengatakan akan menindakan tegas jika ada kader partainya yang terlibat korupsi.

“Kami tidak mau sebut-sebut oknum. Kalau ada anggota kami terkait tindakan tercela, partai akan bertanggung jawab,” jelas tokoh media yang akrab dipanggil Bung Surya, usai membuka pembekalan caleg Partai Nasdem, dii Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Senin, (3/6).

Bahkan bos Media Group ini berjanji akan membubarkan Nasdem jika hal itu terjadi. “Tidak layak Partai Nasdem dipertahankan,” tegasnya lagi.

Pengamat Politik UIN Pangi Syarwi Chaniago (Ipang) mengingatkan atas janji politik Ketua Umum Nasdem Surya Paloh yang akan membubarkan partainya, jika ada kader yang tersangkut kasus pidana korupsi.

“Semangat ‘Restorasi’ yang mereka bangun dalam membawa perubahan khususnya pemberantasan korupsi akhirnya dirusak sendiri oleh kader-kader terbaik Surya Paloh. Dan tentu tidak ada salahnya lagi (Surya Paloh) berpikir kembali mempertimbangkan pernyataan untuk membubarkan partainya itu,” ujar Ipang, di Gedung DPR, Senayan, Kamis (15/10).

Ipang pun menjelaskan dengan tercantumnya nama Rio Capella sebagai tersangka, tentunya menambah daftar panjang bagi sejarah perpolitikan nasional bahwa tidak semua partai politik bersih dari perkara korupsi.


“NasDem tidak ubah seperti Parpol lain yang kadernya tersandung kasus korupsi. Dan KPK sekali lagi telah membuktikan jika mereka tidak sembarangan dan tak tebang pilih dalam menangani perkara kasus,”tandas dia.

Nasdem Minta KPK Gelar Rekonstruksi 

Sekretaris Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie meyakini Ketua Umum DPP Nasdem Surya Paloh tidak terlibat dalam kasus korupsi yang menyeret Sekjen Nasdem Patrice Rio Cappela sebagai tersangka.

Meskipun ia tidak menampik Surya ikut dalam pertemuan di DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat yang menjadi diikuti oleh sejumlah tersangka. Yakni Gubernur Sumatera Utara non aktif Gatot Pujo Nugroho, OC Kaligis dan Rio Cappela sendiri.

“Ohh lain, ini kan prosesnya berbeda. Kalau ketum kan apa yang harus dikaitkan dengan ketum. Kan cuman datang, beliau sebagai ketua dpp kebetulan, Gatot sebagai wakil ketua DPW Sumut,” ujarnya di Gedung DPR, Kamis (15/10).

Ia meminta KPK melakukan rekontruksi peristiwa pertemuan yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur sekaligus Ketua DPW Nasdem Sumut Teuku Erry tersebut.

“Kalau mau dikaitkan dulu KPK harus melakukan rekonstruksi dulu, terhadap peristiwa pertemuan itu ke DPP supaya jelas,” ujar Syarif.

Syarif menyanggah Surya Paloh bertindak sebagai fasilitator untuk penyelesaian kasus yang semula menyeret Eks Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho.

“Bukan sebagai fasilitator pertemuan Gatot dengan ketum itu kaitannya Surya Paloh sebagai ketum partai karena tidak ada keharmonisan. Tidak dikaitkan dengan persoalan hukum,” katanya.(Aktual.com)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.