Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bung Surya Mana Janjimu Bubarkan Partai Nasdem

 Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh
BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Mungkin Ungkapan mulutmu harimaumu cocok untuk Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh saat ini. Saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sekjen Nasdem Patrice Rio Capella sebagai tersangka dalam dugaan korupsi dana Bansos Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (15/10).

Pasalnya Surya pernah mengatakan akan menindakan tegas jika ada kader partainya yang terlibat korupsi.

“Kami tidak mau sebut-sebut oknum. Kalau ada anggota kami terkait tindakan tercela, partai akan bertanggung jawab,” jelas tokoh media yang akrab dipanggil Bung Surya, usai membuka pembekalan caleg Partai Nasdem, dii Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Senin, (3/6).

Bahkan bos Media Group ini berjanji akan membubarkan Nasdem jika hal itu terjadi. “Tidak layak Partai Nasdem dipertahankan,” tegasnya lagi.

Pengamat Politik UIN Pangi Syarwi Chaniago (Ipang) mengingatkan atas janji politik Ketua Umum Nasdem Surya Paloh yang akan membubarkan partainya, jika ada kader yang tersangkut kasus pidana korupsi.

“Semangat ‘Restorasi’ yang mereka bangun dalam membawa perubahan khususnya pemberantasan korupsi akhirnya dirusak sendiri oleh kader-kader terbaik Surya Paloh. Dan tentu tidak ada salahnya lagi (Surya Paloh) berpikir kembali mempertimbangkan pernyataan untuk membubarkan partainya itu,” ujar Ipang, di Gedung DPR, Senayan, Kamis (15/10).

Ipang pun menjelaskan dengan tercantumnya nama Rio Capella sebagai tersangka, tentunya menambah daftar panjang bagi sejarah perpolitikan nasional bahwa tidak semua partai politik bersih dari perkara korupsi.


“NasDem tidak ubah seperti Parpol lain yang kadernya tersandung kasus korupsi. Dan KPK sekali lagi telah membuktikan jika mereka tidak sembarangan dan tak tebang pilih dalam menangani perkara kasus,”tandas dia.

Nasdem Minta KPK Gelar Rekonstruksi 

Sekretaris Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie meyakini Ketua Umum DPP Nasdem Surya Paloh tidak terlibat dalam kasus korupsi yang menyeret Sekjen Nasdem Patrice Rio Cappela sebagai tersangka.

Meskipun ia tidak menampik Surya ikut dalam pertemuan di DPP Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat yang menjadi diikuti oleh sejumlah tersangka. Yakni Gubernur Sumatera Utara non aktif Gatot Pujo Nugroho, OC Kaligis dan Rio Cappela sendiri.

“Ohh lain, ini kan prosesnya berbeda. Kalau ketum kan apa yang harus dikaitkan dengan ketum. Kan cuman datang, beliau sebagai ketua dpp kebetulan, Gatot sebagai wakil ketua DPW Sumut,” ujarnya di Gedung DPR, Kamis (15/10).

Ia meminta KPK melakukan rekontruksi peristiwa pertemuan yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur sekaligus Ketua DPW Nasdem Sumut Teuku Erry tersebut.

“Kalau mau dikaitkan dulu KPK harus melakukan rekonstruksi dulu, terhadap peristiwa pertemuan itu ke DPP supaya jelas,” ujar Syarif.

Syarif menyanggah Surya Paloh bertindak sebagai fasilitator untuk penyelesaian kasus yang semula menyeret Eks Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho.

“Bukan sebagai fasilitator pertemuan Gatot dengan ketum itu kaitannya Surya Paloh sebagai ketum partai karena tidak ada keharmonisan. Tidak dikaitkan dengan persoalan hukum,” katanya.(Aktual.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments