Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Saatnya Simalungun Dipimpin Perempuan (5)


BERITASIMALUNGUN.COM, Siantar-Di bidang pertanian dalam arti luas, Nuriaty Damanik memiliki konsep yang jelas dan terarah serta rasional. Programnya kelak sebagai Bupati Simalungun, katanya, akan memepertahankan dan meningkatkan ketersediaan air irigasi seerta akan memfasilitasi/ mengusahakan pembangunan waduk untuk peningkatan produksi pertanian dan perikanan. Selain, meningkatkan penyediaan dan penggunaan benih dan bibit unggul pertanian, perkebunan, peternakan, serta perikanan.

Juga, mempertahankan dan meningkatkan penggunaan teknologi, mekanisasi pertanian dan informasi di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Selain, meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil produksi peertanian, perkebunan, peternakan serta perikanan dengan sistem usaha agribisnis untuk peningakatn pendapatan dan kesejahateraan petani Simalungun.

Pasangan Nuriaty - Posman, juga akan mengusahakan produksi usaha tani pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang dihasilkan memiliki daya saing yang mampu menghadapi persaingan global, baik di tingkat lokal, regional, nasional, mau pun internasional. 

Sementara peemberdayaan petani melalui kelembagaan kelompok tani sebagai pelaku usaha tani, mampu melakukan usaha tani sesuai dengan kebutuhan pasar dan mampu kebutuhan pasar dan mampu mengatasi masalah secara mandiri.

Sebagai seorang perempuan, Nuriaty juga memahami sekali kondisi ekonomi riel anak negeri Simalungun dalam kesehariannya belakangan ini. Karena itu, sebagai Bupati Simalungun lima tahun ke depan, dia akan mengusahakan peningkatan pendapatan masyarakat, agar mereka memiliki daya beli untuk memenuhi berbagai kebutuhan kesehariannya.

Juga akan diusahakan upaya menumbuhkembangkan usaha ekonomi produktif masyarakat termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Usaha Dagang Kecil dan Menengah (UDKM) dan Usaha Rumah Tangga, serta Industri Kecil Menengah (UKM) dalam berbagai sektor lapangan usaha. Sebagai Bupati Simalungun, Nuriaty juga akan melakukan peningkatan ekonomi dalam rangka memperkuat pundamental ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat, serta optimalisasi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.

Selain, Nuriaty - Posman juga akan memperluas lapangan kerja, menyediakan lapangan usaha yang didukung oleh sumber daya manusia dan keterampilan berbasis karakteristik daerah dan pemerataan kesejahteraan.

Lantas, apa dan bagaimana program Nuriaty - Posman khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kesetaraan gender yang lima tahun terakhir diabaikan di Simalungun ?

“Tak ada jalan lain, di tiga sektor ini wajib dilakukan peningkatan mutu”, katanya.

Kata Nuriaty, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sangat penting artinya bagi kemajuan daerah. Semua itu diharapkan akan dapat mewujudkan peningkatan kesejahateraan masyarakat. Karena itu pulalah, katanya, peningkatan mutu pendidikan pada seluruh jenjang pendidikan harus diwujudkan sebagai jaminan bagi masyarakat untuk dapat melaksanakan kesesuaian kebutuhan pasar kerja.

Pelayanan kesehatan juga akan dilakukan katanya, sebuah pelayanan yang semakin bermutu dan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat miskin. Sementara, kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh kesempatan dan memanfaatkan berbagai pelayanan publik seerta kesetaraan dalam berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan akan terus menerus dikembangkan.

“Saya dan Posman akan melakukan peningkatan pelayanan dan fasilitas pendidikan yang merata, dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau untuk memberdayakan masyarakat dan keluarga”, katanya. (- B e r s a m b u n g -
_____________________________________________________________
Siantar Estate, 13 Oktober 2015
Ramlo R Hutabarat_

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments