Info Terkini

10/recent/ticker-posts

1650 Personil Amankan Pilkada Simalungun Susulan

Unjukrasa masyarakat di KPU Simalungun atas Pencoretan Paslon JR AMRAN 7 Desember 2015 lalu. Foto IST FB Jan Waner Saragih.

BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Jajaran Polres Simalungun mengerahkan 1.150 personelnya ditambah 500 personel TNI untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) susulan pada 10 Februari mendatang. “1.150 polisi dan 500 TNI," kata Kapolres setempat AKBP Yofie Girianto Putro di Simalungun, Selasa (9/2/2016).

Yofie berpesan kepada masyarakat untuk tidak terpancing dengan isu ataupun provokasi yang mengganggu kelancaran pelaksanaan Pilkada.

Lima pasangan calon peserta Pilkada, tim sukses dan tim pemenangan diimbau tidak memprovokasi pendukungnya untuk melakukan tindakan-tindakan melawan hukum, jika tidak puas dengan hasil Pilkada Simalungun susulan.

“Bagi siapa saja yang mengganggu pelaksanaannya akan diberikan sanksi tegas," kata Yofie.

Komisioner KPU Simalungun Divisi Hukum dan Humas, Puji Rahmat Harahap mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menyelesaikan pendistribusian surat suara yang berjalan aman dan lancar.

“Kami targetkan sehari menjelang pelaksanaan pemungutan suara (10 Februari 2016), seluruh persiapan sudah selesai 100 persen," kata Puji.

Pilkada Simalungun susulan diikuti lima pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, yaitu Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik, Evra sassky Damanik-Sugito, Hj Nuriaty Damanik-Posma Simarmata, Jopinus Ramli Saragih-Amran Sinaga dan Lindung Gurning-Soleh Saragih.

Polda Tambah Personil

Sementara Kepolisian Daerah Sumatera Utara menambah personel ke Kabupaten Simalungun untuk mengamankan pilkada susulan yang akan diselenggarakan pada Rabu 10 Februari 2016.

Di sela-sela "open house" Imlek di rumah angota DPR RI Sofyan Tan di Medan, Senin, Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino mengatakan, pihaknya telah mengerahkan personel Satuan Brimob dan satgas dari Polda Sumut untuk memperkuat pengamanan pilkada Simalungun.

Dengan telah ditariknya personel dari 21 daerah lain yang sudah menyelenggarakan pilkada, Polda Sumut lebih leluasa untuk mengerahkan personel ke Simalungun.

Tanpa menyebutkan jumlah personel yang dikerahkan, Kapolda memastikan pengamanan pilkada susulan di Simalungun telah maksimal sehinga penyelenggaraannya akan berjalan aman dan lancar. "Semuanya sudah siap, karena tinggal beberapa hari lagi," katanya.

Menurut Kapolda, dengan keberadaan personel Polres Simalungun, Satuan Brimob, dan tim dari Polda Sumut, pihaknya akan mengamankan seluruh lokasi dalam pilkada Simalungun.

Hingga dua hari menjelang penyelengaraan pilkada Simalungun, pihaknya menilai situasi kamtibmas sangat kondusif dan tidak menemukan adanya indikasi yang membahayakan.

Apalagi pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan dalam upaya cipta kondisi, termasuk mendatangkan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Adhi Prawoto dan Direktur Pengamanan Objek Vital Kombes Pol Heri Subiansauri untuk memantau kondisi terkii.

Meski demikian, pihaknya mengimbau seluruh pasangan calon dan tim pemenangan dalam pilkada Simalungun untuk melaksanakan secara fair dan menghindari semaksimal mungkin pelanggaran dan kecurangan. "Biasanya, yang membuat masalah itu karena adanya kecurangan," katanya.


Kapolda juga mengharapkan seluruh pasangan calon dan tim pemenangan dalam pilkada Simalungun dapat memberikan contoh yang baik dan mengondisikan pengikutnya untuk menyuksskan pilkada di daerah itu. (Anlee)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments