. Mendagri Sebut Lantik Bupati Simalungun Tanpa Wakil | BeritaSimalungun
Home » , » Mendagri Sebut Lantik Bupati Simalungun Tanpa Wakil

Mendagri Sebut Lantik Bupati Simalungun Tanpa Wakil

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 24 February 2016 | 20:11

JR SARAGIH RENCANA DILANTIK TANPA WAKIL.
BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya berencana hanya akan mengeluarkan satu surat keputusan (SK) pengangkatan kepala daerah Kabupaten Simalungun yaitu untuk bupati terpilih, JR Saragih tanpa wakil bupati terpilih Amran Sinaga.

Kondisi ini karena wakil bupati terpilih hasil pilkada tunda 12 Februari 2016 tersebut kini telah berstatus terpidana setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun mengeksekusi putusan Mahkamah Agung yang menghukum Amran selama empat tahun penjara pada Rabu (22/2/2016).

“Kami cek, wakil bupatinya ditahan. Namun jangan sampai mengganggu, makanya kepala daerah kita lantik dulu," kata Tjahjo seperti dikutip dalam laman Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Menurut Tjahjo di Kantor Kemendagri, kondisi dan situasi yang terjadi di Simalungun tersebut jangan sampai mengganggu birokrasi pemerintahan.

Dia menambahkan, bila memang memungkinkan, maka pihak Kemendagri melalui Ditjen Otonomi Daerah (Otda) akan menerbitkan SK pengangkatannya. Namun, berbeda dengan sebelumnya, SK tersebut hanya diperuntukkan bagi bupati, tak satu paket dengan wakilnya.

Seperti diberitakan, Amran didakwa oleh Kejari Siantar melakukan tindak pidana penyalahgunaan wewenang izin pemanfaatan hutan saat ia masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Simalungun pada 2009.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Simalungun, Majelis Hakim membebaskan Amran. Namun di tingkat kasasi Mahkamah Agung, Amran dinilai terbukti dan dijatuhi vonis empat tahun penjara. Amran dalam kasus tersebut dituntut lima tahun penjara.

Vonis yang dijatuhkan pada 2014 baru diketahui KPU Simalungun pada 3 Desember 2015, setelah Mahkamah Agung mengklarifikasi hal itu. KPU Simalungun kemudian membatalkan pasangan JR Saragih-Amran sebagai peserta pilkada Kabuptaen Simalungun pada 6 Desember 2015.

Namun, JR Saragih mengajukan masalah itu ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan, meminta pembatalan surat KPU tersebut dan meminta agar dapat mengganti wakilnya.


Namun PTTUN hanya mengabulkan pembatalan putusan KPU, sehingga pasangan JR Saragih dan Amran dapat mengikuti pemilihan kepala daerah susulan pada 10 Februari 2016. 

Dalam pilkada susulan tersebut, pasangan JR Saragih dan Amran menjadi pemenang. Kini pihak Amran mengajukan peninjauan kembali (PK) atas kasus tersebut. (Ant/Lee)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.