Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Puluhan Peneliti Asing Mulai Padati Lapangan di Palu, Bersiap Saksikan GMT

Puluhan Peneliti Asing Mulai Padati Lapangan di Palu, Bersiap Saksikan GMT
Foto: Nur Khafifah/detikcom

Palu - Palu, Sulawesi Tengah akan mengalami gerhana matahari sejak pukul 07.27.50 Wita. Namun sejak pukul 06.00 Wita, lapangan Kotapulu, salah satu lokasi pusat pengamatan gerhana matahari total (GMT) mulai dipenuhi peneliti asing.

Pantauan di lokasi, Rabu (9/3/2016), lebih dari 50 peneliti asing mulai berdatangan di lapangan Kotapulu. Mereka membawa perlengkapan pengamatan gerhana seperti teleskop, kamera dan kacamata anti radiasi. 

Para peneliti asing ini harus melintasi metal detector dan diperiksa oleh Paspampres karena lokasi ini akan dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla. Tiba di dalam lapangan, mereka langsung berebut mencari spot terbaik.

"Selamat pagi. Ini akan menjadi hari yang sangat indah dan tak terlupakan," ujar salah seorang peneliti asing, Lucy di lapangan Kotapulu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (9/3/2016).

Sementara itu, para warga tidak diizinkan untuk masuk ke dalam lapangan Kotapulu. Mereka akan menonton gerhana matahari total dari luar lapangan. 

Gerhana matahari total di lapangan Kotapulu akan berakhir pukul 08.38.46 Wita. Fenomena langka ini akan terlihat selama 2 menit 23,5 detik. (Dtk)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments