}); Bosan Menunggu Janji Bupati Simalungun, Warga Dusun Silobosar Gotong Royong Perbaiki Jalan Desa | BeritaSimalungun
Home » , , » Bosan Menunggu Janji Bupati Simalungun, Warga Dusun Silobosar Gotong Royong Perbaiki Jalan Desa

Bosan Menunggu Janji Bupati Simalungun, Warga Dusun Silobosar Gotong Royong Perbaiki Jalan Desa

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 7 June 2016 | 09:59

Gotong royong dan swadaya masyarakat menjadi solusi perbaikan jalan nagori di Kabupaten Simalungun. Seperti yang dilakukan warga Dusun Silobosar saat bergotong royong memperbaiki jalan di dusun mereka. IST
BERITASIMALUNGUN.COM, Hatonduhan-Jenuh, bosan, apatis sudah menunggu janji-janji politik Bupati Simalungun JR Saragih karena tak kunjung ada perbaikan jalan, warga mengambil kesepakatan untuk membangun jalan dengan gotong royong atau swdaya.

Prinsip dan ggasan gotong royong berkelanjutan yang dilaksanakan warga Dusun Silobosar, Nagori Bosar Nauli, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun salah satu solusi pembangunan jalan desa di Kabupaten Simalungun.

Jumat (3/6/2016) lalu, puluhan warga kembali bergotong royong memperbaiki akses jalan yang sangat memprihatinkan ke dusun itu. Warga sepakat bergotong royong hingga kondisi jalan layak dilalui kendaraan.

Sekedar diketahui, jalan itu merupakan penghubung antara Nagori Buntu Turunan dengan beberapa dusun di Nagori Bosar Nauli yang berada di bagian hulu, antara lain Kampung Jawa, Kampung Balata, Silobosar I, Silobosar II, Sinono, Pamotangan. Jalan itu merupakan satu-satunya akses bagi warga setempat untuk memasarkan hasil tani atau melakukan aktivitas dari dan ke kota.

Sejak Indonesia merdeka, jalan sepanjang 3 kilometer lebih itu belum pernah mendapat sentuhan pembangunan dari pemerintah. Kondisi jalan kini bergelombang, penuh dengan batu-batu besar dan lubang menganga, sehingga sulit dilintasi kendaraan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan tunggal atau terjatuh saat berkendara. Dampak ekonominya, pemasaran hasil tani menjadi sulit dan membutuhkan biaya angkut yang lebih besar.

Aksi perdana dilakukan pada Jumat (27/5/2016) lalu dengan terlebih dahulu membersihkan drainase atau parit di pinggir jalan yang penuh dengan semak belukar. 

Jika pembersihan saluran drainase rampung, warga akan melanjutkan aksi gotong royong dengan melapisi badan jalan dengan batu cadas, sehingga permukaannya menjadi rata dan mudah dilintasi kendaraan.

Dalam aksi gotong royong kemarin, sejumlah tokoh masyarakat setempat tampak ikut bergotong royong seperti Gamot Dusun IV Dramen Purba, Gamot Dusun III Rajoman Purba, mantan Pangulu Bosar Nauli Bisara Sitorus dan Kennedy Manurung yang secara sukarela menyumbang beberapa kubik batu guna keperluan melapisi jalan.

Saat dihubungi koran ini kemarin, salah seorang warga yang antusias mendukung aksi gotong royong itu, Parningotan Hutapea, mengatakan bahwa pembersihan parit jalan sudah hampir rampung dan minggu depan diharapkan sudah mulai melapisi permukaan jalan dengan batu. 

Dia berharap, semoga semangat itu terus berlanjut dan bisa menjadi inspirasi bagi dusun-dusun lain mengatasi kondisi infrastruktur yang buruk dan memprihatinkan. (MSC)
Share this article :

Post a Comment