Home » , , » Ini Kondisi Jalan Provinsi Seribudolok-Gunung Meriah-Kualanamu

Ini Kondisi Jalan Provinsi Seribudolok-Gunung Meriah-Kualanamu

Written By Beritasimalungun on Saturday, 4 June 2016 | 07:46

Ini Kondisi Jalan Provinsi Seribudolok-Gunung Meriah-Kualanamu.IST
BERITASIMALUNGUN.COM, Dolok Silau-Sejumlah titik jalan Provinsi Saribudolok-Gunung Mariah-Kualanamu sangat sulit untuk dilintasi kendaraan roda empat. Bahkan ada yang hanya bisa dilewati sepedamotor. Jalan menuju Kualanamu akan melintasi wilayah tiga kabupaten yakni Kabupaten Simalungun, Deliserdang dan Serdang Bedagai.

Tomas Damanik, warga Nagori Marubun Lokkung, Kecamatan Dolok Silau kepada wartawan, Sabtu (4/6/2016) mengatakan, warga mengharapkan percepatan pembangunan jalan itu. Pasalnya peranan jalan ini sangat penting bagi masyarakat, khususnya Nagori Marubun Lokkung, Kecamatan Dolok Silau.

Menurut Tomas, masyarakat  mengapresiasi pembangunan di Jalan Provinsi Saribudolok-Kualanamu persisnya antara Saran Padang hingga Simeluk, yaitu hotmix dengan panjang lintasan 2 km. Akan tetapi, pada lintasan itu masih ada beberapa titik yang sangat berat untuk dilalui dan hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua.

“Kita sangat mengapresiasi pembangunan jalan ini. Namun, masih ada lintasan yang hanya bisa dilalui oleh roda dua. Titik yang belum diperbaiki dan rusak parah berada di lokasi Gunung Sianak-anak dengan panjang lintasan berkisar 8, ujar Tomas.

Hal senada disampaikan Kander Tarigan  warga Gunung Sinembah, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deliserdang. Katanya, kondisi arus transportasi yang belum lancar, melemahkan  perekonomian masyarakat.

“Karena untuk mengangkut hasil pertanian mereka, harus menggunakan jalur lain yang jaraknya lebih jauh. Sehingga biaya operasional pun bertambah. Hal itu sangat berimbas bagi harga komoditi pertanian yang dijual. Apabila jalan rusak di Gunung Sianak-anak itu sudah bagus, kamipun akan semakin mudah untuk mendapatkan sayur-mayur dari Saran Padang atau dari Seribudolok,” ujarnya.

Masyarakat mengharapkan agar pemerintah melalui dinas terkait agar segera mempercepat perbaikan jalan tersebut. Karena jalan itu sangat vital fungsinya bagi mereka. (Rodo)


Share this article :

Post a Comment