}); Anthony Damanik: Pemuda Simalungun Harus Bisa Berbahasa Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , » Anthony Damanik: Pemuda Simalungun Harus Bisa Berbahasa Simalungun

Anthony Damanik: Pemuda Simalungun Harus Bisa Berbahasa Simalungun

Written By Beritasimalungun on Saturday, 16 July 2016 | 15:46

Ketua DPC Himapsi Kota Pematangsiantar, Anthony Damanik.IST
BeritaSimalungun.com, Pamatangsiantar-Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (DPC Himapsi) Kota Pematangsiantar, Anthony Damanik mengungkapkan, kini banyak pemuda Simalungun di perkotaan tak bisa berbahasa Simalungun.

Seiring perkembangan zaman dan menipisnya rasa bahasa Ibu itu mengakibatkan masih banyaknya pemuda Simalungun, tertutama yang tinggal di daerah perkotaan, belum bisa berkomunikasi dalam bahasa Simalungun.

Dia mengaku kecewa, jika seorang pemuda Simalungun sama sekali tidak bisa menggunakan bahasa sukunya sendiri.

“Pada prinsipnya, seorang pemuda Simalungun harus bisa berbahasa Simalungun,” kata Anthony Damanik kepada wartawan, Sabtu (16/7/2016).

Dia menyebut, sebagai suku Simalungun, berbahasa Simalungun seharusnya dimulai sejak dini, melalui  lingkungan keluarga. Anthony berpendapat, peran orang tua sangat penting untuk menuntut anak-anaknya mengerti bahasa sukunya sendiri.

Namun, imbuhnya, ketika sudah menjadi pemuda tapi sama sekali belum bisa menggunakan bahasa Simalungun, atas kesadaran sendiri  pemuda tersebut tetap harus bekerja keras untuk bisa berbahasa Simalungun.

Anthony menyarankan, salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang pemuda Simalugun bila ingin belajar berbahasa simalungun, yakni bergabung dengan organisasi Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi).

Selain belajar bahasa Simalungun, pemuda Simalungun yang bergabung dengan Himapsi juga dapat belajar lebih dalam tentang budaya Simalungun.

“Kalau tinggal di perantauan, silakan kawan-kawan pemuda Simalungun bergabung dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpasi yang ada di daerah tempat tinggalnya,” pintanya.

Dia berpesan,  sebagai generasi masa depan, pemuda Simalungun wajib melestarikan budaya Simalungun.

“Artinya, sesama pemuda Simalungun dimanapun kita berada, jangan malu berbahasa Simalungun,” ujar Anthony dengan senyumnya yang khas. (EM)

Share this article :

Post a Comment