Home » , , , » Simalungun Waspada Bencana

Simalungun Waspada Bencana

Written By Beritasimalungun on Monday, 26 September 2016 | 12:43

Jalan di Simalungun

BeritaSimalungun.com, Raya-Warga Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, diingatkan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana alam berupa banjir dan longsor pada musim hujan.

“Terutama yang berada di kawasan perbukitan dan aliran sungai," kata Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Mudahalam Purba, Jumat.

Peringatan kewaspadaan itu kata Mudahalam, disampaikan melalui pemerintah kecamatan dan desa untuk meminimalisir dampak bencana terhadap warga.

Mudahalam juga meminta aparat pemerintahan kecamatan berkoordinasi dengan aparat desa untuk segera melaporkan bencana yang terjadi guna percepatan pertolongan dan penanganan daerah terdampak.

Data menunjukkan, 13 dari 31 kecamatan di Kabupaten Simalungun merupakan kawasan rawan banjir dan longsor yakni Bandar, Dolok Batu Nanggar, Siantar, Pematang Bandar, Raya, Dolok Silou, Raya Kahean, Pamatang Silimakuta, Silimakuta, Dolok Panribuan, Girsang Sipangan Bolon, Haranggaol Horison, dan Dolok Pardamean.

Anggota DPRD Simalungun, Usmayanto minta Pemkab proaktif melakukan komunikasi dengan elemen masyarakat untuk mengetahui lokasi titik-titik rawan bencana.

Disebutkan politisi PKS itu, seperti tebing atau parit yang sudah tergerus, jalan desa yang sebagian longsor, agar segera diperbaiki, supaya tidak berdampak luas dan memerlukan biaya yang lebih besar.


“Kita sarankan untuk mengalokasikan anggaran bencana, sehingga BPBD bisa bekerja lebih maksimal," kata Usmayanto. (BS-02)
Share this article :

Post a Comment