}); Parapat Jadi Tujuan Wisatawan di Danau Toba | BeritaSimalungun
Home » , » Parapat Jadi Tujuan Wisatawan di Danau Toba

Parapat Jadi Tujuan Wisatawan di Danau Toba

Written By Beritasimalungun on Friday, 16 December 2016 | 16:34

Selamat Datang di Parapat Danau Toba.IST
BeritaSimalungun.com, Parapat-Libur Natal dan Tahun Baru akan berdampak besar pada pelaku usaha di Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Parapat menjadi salah satu tujuan wisata untuk menikmati Pesona Danau Toba.

“Parapat bakal ramei. Pengunjung akan bertambah drastis. Libur Natal dan Tahun Baru menjadi moment penting pengunjung untuk menginap di Parapat. Momen liburan ini akan kita manfaatkan untuk peningkatan penjualan Souvenir khas Parapat,” Romaiuli Br Sinaga (52), penjual suovenir di sekitaran pantai Parapat, Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Jumat (16/12/2016).

Disebutkan, meski nantinya pertambahan jumlah pengunjung meningkat, Romaida mengaku omset penjualanan akan meningkat juga. “kalau hari biasa tetap sepi, karena mereka hanya singgah untuk melihat-lihat, tapi tidak membeli,” katanya.

Penjual makanan di jalan lintas umum Kota Parapat juga akan merasakan dampak meningkatnya kunjungan wisata ke Parapat. Tapi kalau hari-hari biasa sepi dari pembeli walau kendaraan yang melintas ramai.

“Libur panjang Natal dan Tahun Baru akan kami manfaatkan untuk menjual souvenir. Namun kalau pun singgah, mereka (pengunjung) hanya ke Pantai Bebas untuk foto-foto, setelah itu berangkat ke tujuan masing-masing," kata Sarlon Girsang.

Sementara jelang Natal tingkat hunian hotel juga masih stabil seperti akhir pekan lainnya, tidak ada penambahan, bahkan pesanan untuk libur Natal belum ada.

“Masih booking untuk Tahun Baru kira-kira 50 persen, itu pun belum pasti," kata Kepala Front Office Hotel Wisata Bahari Parapat Hendri Ambarita.

Hendri memperkirakan pengunjung lebih memilih untuk menikmati liburan akhir tahun, sehingga menunda kunjungan di pertengahan Desember walau ada waktu libur yang cukup panjang.

Pada Minggu, hampir seluruh ruas jalan di pinggiran Danau Toba tersebut dipenuhi mobil dan sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan. Lokasi di Parapat semakin ramai karena adanya kegiatan touring pengguna sepeda motor yang tergabung dalam Xtrim yang ikut dihadiri personel TNI dan Polri.

Kepadatan pengunjung semakin banyak terlihat di pinggiran pantai bebas Parapat, baik yang berenang maupun bersantai di berbagai lokasi yang disewakan.

Boru Sinaga, salah seorang pemilik lokasi sewa di Parapat mengatakan, keramaian di lokasi wisata andalan di Sumut itu telah ramai sejak Sabtu (10/12/2016) lalu. Keramaian tersebut diperkirakan mengalami puncak hingga Natal dan Tahun Baru.

Keramaian tersebut juga memberikan keuntungan bagi penjual souvenir, baik berupa pakaian maupun aksesoris yang identik dengan Danau Toba. Salah seorang pedagang busana di Parapat Andre Sitanggang mengaku peningkatan penjualan yang signifikan dalam dua hari terakhir.


Pada akhir pekan biasa, ia mengaku hanya mampu menjual busana bermotif Danau Toba dan etnik Batak sekitar 10 potong. "Kalau sekarang, bisa lebih 100 potong," katanya. (BS-1)
Share this article :

Post a Comment