Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jalan Simpang Raya-Tigaras Akan Diperlebar Jadi 4 Meter

Pungli di Jalan Rusak Lintas Simpang Raya-Tigaras tepatnya di Simantin III, Kabupaten Simalungun, Januari 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Pungli di Jalan Rusak Lintas Simpang Raya-Tigaras tepatnya di Simantin III, Kabupaten Simalungun, Januari 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

BeritaSimalungun.com, Raya-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun akan melakukan pelebaran jalan empat meter dari Simpang Raya menuju Tigaras, Kabupaten Simalungun. Jarak jalan itu mencapai 30 kilometer. Pelebaran jalan itu dilakukan guna percepatan pembangunan infrastruktur ke destinasi Danau Toba di Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun JR Saragih kepada wartawan, Sabtu (28/1/2017) mengatakan, dirinya telah mengundang para Kepala Desa (Kades) dan Camat yang berada di sekitar kawasan tersebut untuk mensosialisasikan perihal pelebaran jalan untuk percepatan pembangunan infrastruktur ke kawasan Danau Toba.

“Kami menghendaki para warga sekitar mewakafkan tanah tersebut untuk kepentingan umum sebagai akses wisatawan yang hendak ke Danau Toba melalui Tigaras,” katanya.

Disebutkan, pelebaran jalan dari Simpang Raya menuju Tigaras sebagai akses lain menuju Danau Toba dari Kabupaten Simalungun. Meski menghendaki adanya hibah tanah dari warga sekitar, Bupati Simalungun menyatakan akan mengganti rugi jika di tanah tersebut berdiri bangunan rumah warga.

“Pemkab Simalungun akan melakukan pelebaran jalan empat meter, dengan jarak jalan mencapai 30 kilometer. Kami telah meminta para perangkat desa dan camat untuk mensosialisasikan hal tersebut. Sosialisasi ini telah dimulai. Selanjutnya kita tinggal menunggu hasil sosialisi tersebut dalam 10 hari kedepan. Dan, target pembangunan akan dilakukan secepatnya. Ini agar wisatawan dapat menikmati akses jalan tersebut ke Danau Toba selain dari Parapat," ujarnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Marolop Silalahi mengatakan, pihak masing-masing desa mengajukan permohonan kepada Pemerintah Kecamatan untuk melakukan pendataan tanah guna peningkatan jalan.

“Pelebaran jalan menuju lokasi wisata tersebut dilakukan untuk 4 meter, dengan rincian pelebaran 2 meter ke kiri dan 2 meter ke kanan dimulai dari Simpang Raya hingga Tigaras,” katanya.


Pogram percepatan pembangunan destinasi wisata Danau Toba telah menjadi program Nasional melalui Pemerintah Pusat. Destinasi Danau Toba pun saat ini menjadi program 10 Destinasi Baru Pemerintah Indonesia dalam mengejar target wisatawan 20 juta kunjungan hingga tahun 2019. (BS)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments