. Begini Progres Pembangunan Rumah Dinas Bupati Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , » Begini Progres Pembangunan Rumah Dinas Bupati Simalungun

Begini Progres Pembangunan Rumah Dinas Bupati Simalungun

Written By Beritasimalungun on Saturday, 11 February 2017 | 00:40

Begini Progres Pembangunan Rumah Dinas Bupati Simalungun.IST



Peletakan batu pertama pembanguna Rumdis Bupati Simalungun, Senin 29 Agustus 2016 oleh Ephorus dan Sekjen GKPS. IST


BeritaSimalungun.com, Raya-Progres pembangunan rumah dinas Bupati Simalungun JR Saragih hingga kini belum rampung. Dana pembangunan rumah dinas itu memakan anggaran Rp 8,7 miliar pada P-APBD TA 2016 yang pekerjaannya mendahului pengesahan P-APBD 2016.

Bupati Simalungun Jopinus Ramli (JR) Saragih mendorong perbaikan dan peningkatan pelayanan publik lewat kunjungannya ke lapangan (masyarakat) wajar dan pantas diapresiasi. 

Namun, hal itu bukan hal yang baru, karena itu bagian dari tanggungjawabnya sebagai Kepala Daerah dalam rangka mewujudkan visi-misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2017.

Devisi Monitoring Hukum dan Kebijakan Publik dari Center for Research of Public Budgeting (Cerpub), Sanjay Tampubolon kepada wartawan, Jumat (10/2/2017) menjelaskan, sektor peningkatan pelayanan publik di tengah masyarakat harus sejalan dengan pengelolaan keuangan daerah. Sebab, tanpa keuangan yang cukup, mustahil pelayanan yang baik dan berkuwalitas dapat diwujudkan.

“Pengelolaan keuangan Pemkab Simalungun dalam lima tahun terakhir hingga 2016, terdapat sejumlah program kegiatan yang anggarannya tidak ditampung di APBD. 

Padahal, dalam pembahasan KUA-PPAS hingga RAPBD, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan bangganya menjelaskan rencana kerja meski hasilnya jauh dari yang diharapkan,” katanya.

Dia mencontohkan, dalam P-APBD TA 2016, sebanyak  Rp 86 miliar ditampung anggaran hutang proyek 2014 dan 2015. Kondisi tersebut membuktikan ada sesuatu yang tidak beres dalam pengelolaan keuangan yang daerah yang semestinya disikapi serius oleh Bupati Simalungun JR Saragih.

“Penjelasan itu amat penting dilakukan sebagai bagian dari akuntabilitas. Jika tidak, kunjungan kerja ke lapangan yang akhir-akhir ini gencar dilakukan akan dianggap masyarakat hanya safari politik dalam rangka menuju Sumut Baru,” sebutnya.

Kata Sanjay, bicara soal penggelolaan keuangan Pemkab Simalunghun, untuk tahun 2015 saja misalnya, total rencana pendapat dianggarkan sebesar Rp 2,1 triliun, realisasi Rp 1,9 Triliun atau (88,99%). Dari Rp1,9 triliun, PAD hanya Rp. 111 miliar dari yang disepakati sebesar Rp 166 miliar, atau hanya (67,15%). Sedangkan untuk belanja, Pemkab Simalungun dinilai terkesan boros. Dari pendapatan Rp 1,9 triliun, dibelanjakan sebanyak Rp 1,8 triliun.

Seperti diberikatakan sebelumnya, Bupati Simalungun JR Saragih saat peletakan batu pertama pembangunan Rumah Dinas Bupati pada Senin (29/8/2016) lalu mengatakan, sejak dirinya menjadi Bupati di bulan Oktober 2010, hingga saat ini masih bertempat tinggal di mess Pemkab Simalungun di Pamatang Raya.


“Selama ini saya tinggal di mess, dan rumah ini dibangun oleh Pemkab Simalungun bukan untuk kepentingan saya, dan bukan rumah pribadi saya, tapi rumah masyarakat Simalungun,” ujarnya. (BS-1) 
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.