Home » , , , , , , » DPC-PMS Banten Dilantik: Semangat Baru Sumut Bergema di Banten

DPC-PMS Banten Dilantik: Semangat Baru Sumut Bergema di Banten

Written By Beritasimalungun on Friday, 24 March 2017 | 12:16


Terimakasih Pengurus DPP.Presidium PMS. Pusat Bapak Japaten Purba dan Bapak Pardi Purba ( Dewan Pimpinan Pusat Partuha Maujana Simalungun), atas terselenggaranya pelantikan Patappei Sihilap /Palantikan Pengurus PMS.DPC.Banten. Foto Briston Haloho


Suara Simalungun Edisi 716
BeritaSimalungun.com, Banten-Dewan Pimpinan Cabang Partuha Maujana Simalungun (DPC-PMS) Provinsi Banten sudah membuat ikrar mendukung sepenuhnya “Semangat Baru Sumut”, mendukung sepenuhnya DR JR Saragih SH MM maju pada Pilgubsu 2018.

Ikrar tersebut sudah merupakan kebulatan tekad seluruh warga Simalungun Banten setelah menilai kinerja DR JR Saragih SH MM selama menjabat Bupati Simalungun. Demikian dikatakan Drs Maruli Girsang Ketua DPC- PMS Banten pada pidato pelantikan dirinya di aula Yonif 203 Gandasari Jatiwung Tangeran Banten Sabtu 18 Maret 2017.

Pernyataan Maruli tersebut disambut meriah dan tepuk tangan ribuan masyarakat Simalungun yang hadir pada acara tersebut. Maruli Girsang mengatakan bahwa warga Simalungun yang ada di Banten seluruhnya memiliki keluarga yang tinggal di Sumatera Utara, potensi tersebut akan digerakkan untuk mensosialisasikan Semangat Baru Sumut.

Warga Simalungun di Banten tetap konsisten menjaga dan melestarikan adat dan tradisi Simalungun, kehadiran PMS di Banten tentu akan menambah semangat dan keyakinan menjaga dan melestarikan adat Simalungun agar tidak terkontaminasi dengan adat lain.

Dikatakan Maruli Girsang masyarakat Simalungun di Banten secara khusus Pengurus DPC-PMS Banten sangat bersyukur dan bangga atas kehadiran ketua umum DPP-PMS DR JR Saragih SH MM yang juga Bupati Kabupaten Simalungun.

Masyarakat Simalungun Banten juga mengapresiasi kinerja JR Saragih yang sudah terbukti nyata membangun Simalungun. Sementara itu Ketua DPP-PMS DR JR Saragih SH MM mengatakan bahwa orang Simalungun dikenal sebagao orang bersifat jujur dan rendah hati.

Orang Simalungun juga memiliki prinsip hidup sapangambei manoktok hitei jika prinsip ini dilaksanakan akan dapat membangkitkan Simalungun. 

Selanjutnya JR Saragih mengajak agar warga Simalungun untuk bersemangat dan bangkit, dia mencontohkan dirinya yang berasal dari warga miskin akan tetapi dapat bangkit dan bisa menjadi Bupati.

Saya menjadi Bupati adalah karena doa warga Simalungun awal kiprah saya mengabdi bagi Simalungun diawali menjadi Ketua PMS DKI Jakarta. Dari PMS saya banyak belajar tantang perlunya pemberdayaan adat dan tradisi Simalungun. 

Dalam kesempatan tersebut DR JR Saragih SH MM berpesan Simalungun jangan mau terpecah pecah, marilah kita menjadi pihak yang mempersatukan bukan memecah mecah. Simalungun jangan mau dipecah ujarnya.

DR JR Saragih SH MM mengatakan bahwa dukungan dari PMS Banten untuk menjadi Sumut satu adalah sebuah dorongan moril dan penambah semangat. Saya hanyalah pelayan dan saya juga senantiasa akan memperbaiki diri ujarnya.

Saya berterima kasih atas dukungan dan semangat dari PMS Banten yang mendukung dirinya menjadi Gubsu. JR mengucapkan terima kasih kepada pengurus pms yang baru dilantik dan bekerjalah dengan serius memberdayakan budaya Simalungun ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Simalungun menyerahkan seperangkat Gonrang Simalungun kepada DPC-PMS Banten yang diterima Ketua Drs Maruli Girsang, Sekretaris Nomerinson Purba dan bendahara Ir Rijen Lamri Sinaga.

Selanjutnya Bungaran Saragih Ketua MHN orang simalungun dimanapun berada janganlah meninggalkan budayanya. Orang Simalungun yang tinggal di Banten jadilah warga Banten yang baik karena prinsip kita adalah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Jadilah warga Banten yang baik dan tetaplah tidak meninggalkan adat dan tradisi Simalungun. Rangkaian acara pattappei sihilap PMS diawali dengan tortor sombah dilanjutkan dengan Patappei Sihilap.

Hadir pada acara tersebut Bupati Tangerang diwakili Soman Atmaja Kadis Infokom, Ketua DPRD Simalungun, dan 30 anggota DPRD Simalungun, SKPD Simalungun dan sekitar 1500 warga Simalungun Banten. 

Usai acara pattappei sihilap acara dilanjutkan dengan marsombuh sihol diisi artis top Simalungun dan persembahan tortir Himapsi dan Dinas Parawisata Simalungun.

Rangkaian acara pelantikan PMS Banten diawali dengan acara maranggir dilanjutkan dengan seminar adat Simalungu yang menampilkan narasumber dari DPP/Presidium PMS yaitu Djapaten Poerba BME, Djaniapoh Purba dan Lensudin Sumbrayak dengan moderator Januarison Saragih SH MH.

Dalam acara seminar terebut warga Simalungun di Banten mengatakan wawasan mereka bertambah dengan diadakannya seminar, sebagai contoh dalam acara sayur matua warga Simalungun sudah banyak terkontaminasi dengan adat lain.

Dalam adat Simalungun pada acara tersebut tidak berjalan hiou/ulos, sementara saat ini semakin banyak saja warga Simalungun menjalankan hiou pada acara adat sayur matua. Djapaten menegaskan bahwa adat Simalungun tidak berjalan hiou. 

Kemudian dalam hal berpakaian adat Simalungun banyak banyak saja kaum Bapa yang masih menggunakan hiou hati rongga, hiou hati rongga adalah untuk parinangon sementara bapa memakai suri-suri ujar Djapaten.

Usai Pattappei Sihilap acara dilanjutkan dengan marsombuh sihol dengan menampilkan tor-tor Simalungun dari Dinas Parawisata dan Kebudayaan Simalungun serta Himapsi serta artis-artis Simalungun.

Adapun susunan pengurus DPC-PMS Banten adalah Ketua Drs Maruli Girsang, Wakil Ketua I Ir Affan Setiawan Saragih, Sekretaris Nomerinson Purba, Wakil Sekretaris I Sardianton Purba ST, Wakil Sekretaris II Rutdebora Purba,Amd Kepengurusan ini dilengkapi dengan Bidang-Bidang. 

Acara tersebut dihadiri sekitar 2000 masyarakat Simalungun Banten serta undangan, unsur Muspida Banten, tokoh masyarakat Simalungun Banten, Jakarta, Medan, Bogor, Bandung, Bekasi, Cirebon. (Sumber: Suara Simalungun Edisi 716)


Share this article :

Post a Comment