}); Kahiyang Ayu Menari Tortor Usai Jadi Boru Siregar | BeritaSimalungun
Home » , » Kahiyang Ayu Menari Tortor Usai Jadi Boru Siregar

Kahiyang Ayu Menari Tortor Usai Jadi Boru Siregar

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 22 November 2017 | 14:57

Kahiyang Putri Jokowi Resmi Jadi Boru Siregar. Prosesi adat pemberian marga ini bertempat di kediaman Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-laki dari ibunda Bobby.
BeritaSimalungun, Medan- Setelah resmi menjadi boru Siregar lewat prosesi adat, putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, manortor atau menari tortor. Dia manortor bersama sejumlah anak gadis boru Siregar.

Pantauan detikcom, Kahiyang manortor di teras rumah di lokasi acara, Jalan STM/Sukatangkas, Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/11/2017). Aksinya manortor ini jadi pusat perhatian seluruh tamu undangan.

Kahiyang, yang tampil cantik memakai kebaya berwarna merah muda, diminta manortor. Dia tidak sendiri, melainkan didampingi sejumlah perempuan.

"Ayo boru Siregar yang merasa masih anak gadis ikut," kata pembawa acara.

Kahiyang dan para anak perempuan ini kemudian menari. Dia tampak tidak canggung menari menggerakkan tangannya mengikuti irama gordang sambilan.

Putri Solo ini terus melempar senyum saat menari. Banyak tamu yang mengabadikan momennya manortor ini dengan kamera handphone.

Menurut si pembawa acara, tortor yang dibawakan Kahiyang dan sejumlah boru Siregar ini adalah tarian perpisahan. "Termasuk tortor perpisahan antara boru Regar dengan kawan-kawannya semasa gadis," ucapnya.

Seusai manortor bersama para gadis perempuan ini, Kahiyang kemudian tampil bersama suaminya, Bobby Nasution. Mereka kali ini mengenakan hiasan kepala bernama bulang yang berasal dari adat Tapanuli Selatan.

Kahiyang dan Bobby kemudian manortor berdua mengikuti irama gordang sambilan. Seusai manortor, mereka kemudian meninggalkan lokasi acara. Kahiyang meninggalkan lokasi dengan menggendong kiso ayam atau tas untuk membawa ayam yang dilapisi kain batik.

"Itu syarat-syarat adat, simbolis ayam. Tempatnya saja yang dibawa," kata Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-laki dari ibunda Bobby.

Doli mengatakan, jika mengikuti adat dahulu, Kahiyang seharusnya membawa ayamnya. Namun ini dilakukan secara simbolis dengan hanya membawa tempatnya.(Detik.com)


 



 
Share this article :

Post a Comment