. Sema Unimed Ajak Pelajar Indonesia Berkontribusi untuk Bangsa | BeritaSimalungun
Home » » Sema Unimed Ajak Pelajar Indonesia Berkontribusi untuk Bangsa

Sema Unimed Ajak Pelajar Indonesia Berkontribusi untuk Bangsa

Written By Beritasimalungun on Saturday, 11 November 2017 | 09:37

BeritaSimalungun-Pada awal November 2017, Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan (SEMA UNIMED) secara resmi membuka pendaftaran lomba menulis bagi seluruh pelajar di Indonesia. Kompetisi tersebut bertujuan untuk mewadahi pelajar Indonesia dalam mengembangkan ide dan kreativitas.

Menurut Jekson Panjaitan (21) selaku BPH Sema Unimed, dengan adanya kompetisi ini, pelajar Indonesia diharapkan dapat berkontribusi bagi bangsa melalui ide dalam tulisannya.
 
“Pelajar Indonesia diharapkan mampu berkontribusi terhadap bangsa. Kompetisi ini adalah wadah bagi mereka. Ide yang menarik akan dimuat oleh beberapa media nantinya”, kata Jekson.

Lomba ini mengangkat tema “Ideku untuk Indonesiaku” dan terbuka bagi seluruh pelajar aktif SMA, SMK, MA, atau sederajat yang ada di Indonesia.

Sakti Tri Anggraini (22), selaku BPH PTMBB-USU, berharap pihak sekolah bersedia mengirimkan delegasi dalam kompetisi ini. Lebih lanjut, Sakti berharap Ketua OSIS dalam sekolah turut mengajak rekan-rekannya agar mengikuti kompetisi ini.

“Kompetisi ini sangat menarik. Saya berharap Ketua OSIS bersedia mengajak rekan-rekannya. Semakin banyak yang ikut, maka penghargaan akan diberikan terhadap sekolah tersebut”, papar Sakti.

Panitia pelaksana, melalui Suwandonadi (21) selaku ketua panitia, mengaku mendapat dukungan dari beberapa pihak, baik individual, organisasi mahasiswa, dan beberapa media.  

“Himpunan Muda-mudi Baktiraja di Medan (HIMBAKTIMAS), Parsadaan Toga Manalu Boru Bere USU (PTMBB-USU), UKMKP Unimed, IFRS Unimed, mahasiswa STIE LMII Medan, serta beberapa media daring turut mendukung kegiatan ini”, papar Suwandonadi (01/11/2017).

Peserta lomba diharapkan dapat memenuhi syarat dan ketentuan, serta mengikuti prosedur pendaftaran dan pengiriman karya. Panitia pelaksana menjelaskan sudah mempersiapkan Buku Panduan Lomba Esai yang dapat di unduh melalui http://bit.ly/semaunimed.

Karya atau esai peserta terbaik akan dihadiahi Uang Pembinaan, Medali, Sertifikat, dan Bingkisan. Panitia pelaksana juga memberikan penghargaan terhadap karya/esai yang masuk dalam sepuluh (10) besar. Sementara itu, sekolah dengan peserta terbanyak akan diapresiasi dengan sertifikat “The Most Favorite School” serta sebuah plakat kebanggaan.

Mahasiswa STIE LMII Medan, Lidia Marbun (20), mengaku senang dengan adanya kompetisi ini. Dia menilai niat menulis pelajar saat ini masih kurang. Perlu adanya suatu wadah untuk itu. Lidia kemudian mengajak pelajar Indonesia agar mengikuti kompetisi ini.

“Ide tentu ada, namun terkadang kemauan yang kurang, apalagi menulis. Inilah saatnya bagi siswa/i untuk memulai dan mengembangkan bakat menulis-nya, agar kelak lebih baik lagi”,   katanya.

Peserta dapat mendaftarkan diri dalam dua gelombang. Gelombang pertama mulai 1 November-15 Desember 2017, dan Gelombang kedua mulai 16 Desember 2017-15 Januari 2018. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah maupun OSIS sekolah dengan menghubungi narahubung panitia pelaksana.

“Selain secara individu, pendaftaran juga dapat dilakukan secara kolektif. Untuk ini, informasinya dapat dilihat di laman blog kami http://semaunimed.blogspot.com”, kata Ketua Panitia Pelaksana, Suwandonadi. (BS-Rel)   



Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.