. Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon Ditampilkan di Asian Games | BeritaSimalungun
Home » , , » Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon Ditampilkan di Asian Games

Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon Ditampilkan di Asian Games

Written By Beritasimalungun on Monday, 30 July 2018 | 07:57

Tortor Haroan Bolon Simalungun pada Pagelaran Budaya Simalungun di Teater Garuda TMII Jakarta Sabtu 21 April 2018-Photo Asenk Lee Saragih.

BeritaSimalungun, Siantar-Sanggar Simalungun yang dipimpin Triadil Saragih akan menampilkan Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon di salah satu pertandingan cabang olahraga Asian Games di Jakarta, yang akan dibuka 18 Agustus 2018 mendatang.

Triadil Saragih mengatakan, penampilan Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon dilakukan disela-sela pertandingan cabang olahraga, sebagai bentuk untuk memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya budaya Simalungun kepada peserta Asian Games.


“Budaya berbagai suku di Indonesia adalah kekayaan yang harus selalu dilindungi dan dilestarikan. Budaya, termasuk tarian Tor-tor Sombah perlu diperkenalkan untuk memberikan gambaran kepada peserta Asian Games, bahwa Indonesia memiliki banyak kekayaan budaya,”kata Triadil Saragih.

Triadil berharap, pagelaran Asian Games di Indonesia berjalan dengan aman dan lancar dan Indonesia dapat meraih prestasi terbaik.

“Kita berdoa untuk pelaksanaan Asian Games. Ini adalah suatu kebanggaan buat Indonesia menjadi tuan rumah di Asian Games 2018, mari sama-sama mendukung semoga setiap acara bisa berjalan dengan lancar,”katanya.

Parapat Bersih-bersih

Menyambut kedatangan api obor Asean Games beserta rombongan pada tanggal 31 Juli yang akan datang, Uspika Kecamatan Girsang Sipangan Bolon bersama seluruh elemen masyarakat mengadakan aksi bersih-bersih, Jumat(27/7/2018).
Aksi bersih bersih jelang kedatangan api obor Asean Games di Sibaganding, Jumat (27/7.2018).
Sebelum aksi bersih dimulai Kapolsek Parapat AKP Raymond Hutagalung memimpin langsung apel bersama di Lapangan Pantai Bebas. Dalam arahannya Raymond menerangkan bahwa aksi bersih ini sebagai bentuk dukungan atas terpilihnya Kota Parapat sebagai salah satu kota persinggahan api abadi Asean Games.

“Kita beruntung turut menjadi bagian dari perhelatan terbesar di Asia ini, kita buktikan bahwa Parapat aman dan nyaman untuk dikunjungi,” ujar Raymond.

Tak ketinggalan seluruh warga yang tinggal di pinggiran jalan sepanjang Jalinsum mulai dari Desa Sibaganding hingga Desa Sipangan Bolon Mekar dan jalan ring road Kota Parapat turut diimbau untuk ikut berpartisipasi. Petugas Polsek Parapat dengan menggunakan mobil bergerak keliling kota Parapat sambil menggunakan pengeras suara mengimbau warga agar turut berpartisipasi.

“Minimal masyarakat itu ikut membersihkan lingkungannya sendiri, dan secara serentak kita bergerak dan bekerja bersama,” imbuh Raymond.

Sebanyak 11 titik menjadi fokus utama kegiatan bersih bersih ini. Sehari sebelum aksi bersih-bersih ini dilakukan telah diadakan rapat koordinasi membahas kegiatan ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kepolisian, diagendakan api obor Asean Games akan bermalam di Parapat tepatnya di Pasanggrahan Bung Karno. Keesokan harinya api obor akan diarak bergerak melewati rute yang telah ditentukan. Mulai dari Pasanggrahan Bung Karno, api obor akan diarak menuju Hotel Atsari, lalu dibawa naik kapal di Danau Toba. Selanjutnya akan naik ke Hotel Patrajasa untuk diarak kembali menuju Tugu Siliwangi dan akan berakhir di Pantai bebas Parapat.

“Acara lainnya juga yang tak kalah penting diadakannya layanan SIM Keliling dan Senam Massal yang melibatkan peserta sebanyak 2000 orang,” pungkas Raymond.

Sekretaris KNPI Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Martua Hutapea yang turut ikut dalam aksi bersih ini merasa bangga bisa ikut berpatisipasi. Bagi Martua, kehadiran seluruh elemen kepemudaan dalam aksi ini merupakan bentuk dukungan kepada Uspika dalam mempersiapkan penyambutan api obor Asean Games.

“Kita bangga karena organisasi kepemudaan seperti KNPI, IPK, PP dan yang lainnya ikut dilibatkan dalam penyambutan api obor Asean Games ini. Kita berharap semua rombongan bisa menikmati keindahan Kota Parapat dan Danau Toba,” kata Martua.(BS)

Sumber: MetroSiantar.com
Share this article :

Post a comment

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

Mengucapkan

Mengucapkan
Selamat Natal 25 Desember 2020

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.