Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sinabung Semburkan Abu Panas Setinggi 5.000 Meter

ANTARA FOTO-Sastrawan Ginting.

Karo, BS
-Gunung Sinabung erupsi lagi. Gunung berapi paling aktif di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara (Sumut) kembali menyemburkan awan panas guguran sejauh 4.500 meter dan tinggi kolom abu sejauh 5.000 meter, Selasa (2/3/2021).

“Terjadi awan panas guguran pukul 07.15 WIB dengan jarak luncur 4.500 meter ke arah tenggara timur dan tinggi kolom abu 5.000 meter dengan Amplitudo 120 mm, durasi 485 detik dan arah angin selatan-barat,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra, Selasa (2/3/2021).

Armen menyebutkan status Gunung Sinabung masih berada pada level III atau Siaga. Pihaknya senantiasa mengingatkan agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan menjauhi zona merah Sinabung.

“Masyarakat diingatkan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” sebutnya. Sementara itu, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, kata Armen, juga agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Kami ingatkan agar amankan sarana air bersih serta bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen Putra, Sabtu (13/2/2021) mengatakan, erupsi Gunung Sinabung terjadi pada, Jumat (12/2/2021) malam.

Luncuran lava pijar terpantau menuju timur dan tenggara Gunung Sinabung. Erupsi kali ini meluncurkan guguran awan panas disertai lava pijar sejauh 2 Km.

Selain itu, guguran awan panas sejauh 1 Km juga terpantau ke arah timur, tenggara, dan selatan Gunung Sinabung. Guguran awan panas ini tercatat dengan amplitudo 120 mm dengan durasi gempa selama 159 detik.

“Cuaca mendung dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara. Suhu udara 17-23 derajat celcius,” sebutnya. Saat ini, Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).

Ia mengimbau warga maupun petani untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 Km dari puncak gunung. Selanjutnya radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur-utara.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” ujarnya. (CNNI)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments