. Pesta Bona Taon Sigalingging Se Jambi 2022 Berjalan Sukses Penuh Nuansa Budaya Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , , , , , » Pesta Bona Taon Sigalingging Se Jambi 2022 Berjalan Sukses Penuh Nuansa Budaya Simalungun

Pesta Bona Taon Sigalingging Se Jambi 2022 Berjalan Sukses Penuh Nuansa Budaya Simalungun

Written By Beritasimalungun on Sunday, 27 February 2022 | 22:00

Dihadiri Dr H Marhaban Sigalingging, Pencipta “Ende Ni Raja Sigalingging”
Dr H Marhaban Sigalingging Beserta Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH foto bersama dengan Panitia Pesta Bona Taun PPRS Kota Jambi, Minggu (27/2/2022). Foto Asenk Lee Saragih)


Jambi, BS-Pesta Partangiangan (Syukuran) awal tahun 2022 (Bona Taon) Parsadaan Pomparan (Perkumpulan Keturunan)  Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya di Gedung Budi Mulia Mayang Jambi, Minggu (27/2/2022) berjalan penuh sukacita dan penuh nuansa keragaman budaya Batak. Nuansa keragaman Budaya tampak dari pakaian Adat Toba, Simalungun dan Pakpak Dairi.

Pesta Bona Taon Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi turut dihadiri Dr H Marhaban Sigalingging, Pencipta “Ende Ni Raja Sigalingging” dan juga Ketua Panitia Mubes PPRSI dan HUT Ke 40 PPRSI. 

Selain itu, Pesta Bona Taon Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi juga memberikan warna baru dengan diluncurkannya Buku Sejarah dan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga PPRS Kota Jambi karya tulis Robinson Sigalingging SPd/ Br Sinaga. 

Pesta Bona Taun PPRS Jambi kali ini juga berbeda, karena Pengurus PPRS Cabang Kabupaten Bungo, Kabupaten Muaratebo, Sarolangun, Merangin dan Pengurus PPRS Kabupaten Tanjung Jabung Barat turut hadir. 

Selain itu juga bergabungnya Sigalingging, MPU Bada, Garingging dalam satu PPRS Jambi. Sekitar 320 jiwa dari 145 kepala keluarga (KK) PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya menikmati suasana pesta silaturahmi ini. Acara diawali dengan kebaktian, Votum St Josen Sitopu/ Br Simarmata, Doa Syafaat St Meslan Saragih Garingging SH (Penasehat) dan Kotbah Pdt Rudyard N Saragih Sumbayak SSi  Theologia (Pengurus GKPS Resort Jambi).
Pdt Rudyard N Saragih Sumbayak.
Dalam kotbahnya Pdt Rudyard N Saragih Sumbayak mengajak kumpulan marga kerabat Sigalingging Boru, Bere Ibebere Se Kota Jambi untuk mengedepankan saling tolong menolong seperti Kasih AGAVE.

Pdt Rudyard N Saragih Sumbayak  juga mengajak agar seluruh anggota kumpulan PPRS Kota Jambi untuk saling peduli baik dalam sukacita maupun dukacita. Sebab makna kasih itu adalah member dan tidak mengharapkan imbalan.

Usai ibadah dilanjutkan dengan prosesi penyambutan Ketua Panitia Mubes PPRSI dan HUT Ke 40 PPRSI,  Dr H Marhaban Sigalingging Beserta Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH dan rombongan.

Kemudian dilanjutkan Pemberian Hiou (Ulos) Simalungun (Gotong, Tapak Catur, Bulang) kepada Dr H Marhaban Sigalingging Beserta Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH oleh Penasehat PPRS jambi St Meslan Saragih Garingging SH/ Br Purba. 
Pemberian Hiou (Ulos) Simalungun (Gotong, Tapak Catur, Bulang) kepada Dr H Marhaban Sigalingging Beserta Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH oleh Penasehat PPRS Jambi St Meslan Saragih Garingging SH/ Br Purba.  (Foto: Ezer Twopama Manihuruk)


Pemberian Hiou (Ulos) Simalungun (Gotong, Tapak Catur, Bulang) kepada Dr H Marhaban Sigalingging Beserta Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH oleh Penasehat PPRS Jambi St Meslan Saragih Garingging SH/ Br Purba.  (Foto: Ezer Twopama Manihuruk)


Pemberian Hiou (Ulos) Simalungun (Gotong, Tapak Catur, Bulang) kepada Dr H Marhaban Sigalingging Beserta Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH oleh Penasehat PPRS jambi St Meslan Saragih Garingging SH/ Br Purba. (Foto: Ezer Twopama Manihuruk)

Usai penyematan Hiou tersebut Dr H Marhaban Sigalingging memberikan bantuan untuk PPRS Jambi Rp 10 Juta. Pada kesempatan itu sebelum santap siang, juga dilakukan pemberian 10 Porsi Kuliner Khas Adat Simalungun “Panggang Dayok Binatur” (Ayam Kampung panggang diatur dalam piring).

Ketua Panitia Pesta Bona Taon Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere dan  Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya Iramsen Gringging SH mengatakan, hendaknya kumpulan marga ini selalu saling peduli satu dengan yang lain.

Dirinya juga berharap acara Pesta Bona Taun sebagai ajang silaturahmi untuk lebih mempererat kekeluargaan anggota kumpulan. Kemudian anggota kumpulan agar dapat saling berbagi dibidang sosial sehingga PPRS Se- Kota Jambi dan sekitarnya saling terjadi hubungan emosional satu dengan yang lain, terlebih dalam hal dukacita.

Sementara Ketua Wilayah Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Provinsi Jambi I Robinson Sigalingging SPd/ F Br Sinaga dampingi Pengurus lainnya mengatakan, pesta bona tahun itu merupakan bagian dari tradisi orang Batak di perantauan. Tradisi ini sebagai ajang silaturahmi antara anggota kumpulan marga untuk saling penduli dalam sukacita dan dukacita.

Menurutnya, kumpulan PPRS terdiri dari ragam suku Batak, seperti Toba, Simalungun, Pakpak Dairi. Keberagaman ini sangat indah dalam kumpulan PPRS Kota Jambi. Setelah 34 tahun (2022) PPRS Jambi, baru kali perdana Tuan MPU Bada dan Garingging bersatu dalam PPRS. 

“Juga suatu kebanggan bisa menuli Buku Sejarah dan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga PPRS Kota Jambi. Semoga Buku Sejarah dan  Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga PPRS Kota Jambi ini bisa berguna bagi kemajuan PPRS,” kata Robinson Sigalingging SPd/ F Br Sinaga sebagai penulis. 

Disebutkan, bahwa perkembangan jumlah anggota kumpulan sungguh pesat. Yang dahulunya pesta hanya dilaksanakan di rumah dan gedung yang lebih kecil, kini sudah di gedung yang besar. 

I Robinson Sigalingging SPd juga mengatakan, bahwa Pesta Bona Taon Tahun 2022 ini sudah ada kemajuan, yakni Pemuda (Naposo)  dan anak-anak Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya sudah tampil dalam menortor. Ini kali kedua Namaposo maortor pada Pesta bona taon yakni tahun 2020 lalu. 

Dia juga memberikan dukungan kepada kaum milenial PPRS Kota Jambi membuat kegiatan yang sejalan dengan Vis-Misi PPRS Se- Kota Jambi dan sekitarnya. 

Salah satu Penasehat PPRS Se- Kota Jambi dan sekitarnya Ap Enjel  Sigalingging/Br Purba meminta agar kumpulan marga itu dapat membangun kebersamaan dalam keadaan bersuka cita maupun berduka cita. 

Dia juga mengucapkan terimaksih kepada seluruh Pengurus dan Komisaris PPRS Se- Kota Jambi dan sekitarnya yang menjalankan organisasi PPRS dengan baik. 

Ap Enjel Sigalinggung juga menekankan kepada para Pemuda PPRS Se- Kota Jambi dan sekitarnya agar bisa berbuat untuk PPRS atau membantu orang tua kelak. 

Suasana pesta tambah meriah dengan lantunan tembang-tembang Batak oleh PN-Trio (Jay Sihombing, Martogi Simbolon, Goxen Purba). Juga PN Trio yang sungguh memukau membawakan Lagu “Ende Ni Raja Sigalingging” Ciptaan Dr H Marhaban Sigalingging.

Pada acara syukuran itu terkumpul dana dari hasil penjualan kupon, iuran dan hasil tor-tor (Panasehat, Panitia, Sigalingging, Boru, Bere-Ibebere) sebanyak Rp 32 Juta. 

Jumlah KK Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere & Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya sebanyak 136 KK dengan rincian (Haha Anggi) Marga Sigalingging  sebanyak 44 KK, Boru 35 KK, Bere 31 KK dan Ibebere 20 KK tambah anggota baru Minggu (27/2/2022) sebanyak 3 KK.(Asenk Lee Saragih)
Ketua Panitia Iramsen Saragih Garingging SH/ Br Purba. (Foto-Foto: Asenk Lee Saragih Manihuruk)

Ketua  Wilayah PPRS Provinsi Jambi Periode 2022-2027 I Robinson Sigalingging SPd/ Br Sinaga (Ap Juan).


Penasehat PPRS Jambi Ap Enjel Sigalingging/ Br Purba dan St Meslan Saragih Garingging SH/ Br Purba.

Hadiah Undian daftar Hadir Juara 4

Hadiah Undian daftar Hadir Juara 3

Hadiah Undian daftar Hadir Juara 2















Doa Syafaat St Meslan Saragih SH.

Pengurus PPRS Kota Jambi Periode 2022-2025.

Ketua PPRS Cabang Kota Jambi Periode 2022-2025-Syamsudin Sigalingging / Br Sinaga (Ap Mahasih).

Wakil Ketua: Iramsen Saragih Garingging SH/ Br Purba. 

 Iramsen Saragih Garingging SH Hadiah Undian daftar Hadir Juara 1.
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis