Info Terkini

10/recent/ticker-posts

JR Saragih : Pelayanan Merupakan Suatu Kebanggaan Bagi Kami

DR. JR Saragih. SH, MM bersama istri

Simalungun, SPB

Siapakah yang layak dan pantas menjadi pemimpin di negara ini?. Pertanyaan itu menjadi harapan banyak orang di seluruh tanah air, demikian di desa, kecamatan, kabupaten/Kota, di Propinsi dan termasuk Pemimpin Nasional baik selaku Presiden, para pembantunya, demikian di kalangan DPD, DPR, dan MPR di jajaran Eksekutif, di legislatif, demikiian di Yudikatif. Tujuannya, agar rakyat bangsa Indonesia di manapun berada benar menjadi harapan rakyat yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat di seluruh tanah air.


Pada tahun 2003 tanggal 11 April, seorang Perwira Muda Polisi Militer yang pada saat itu menjabat sebagai Komandan Polisi Militer di Purwakarta, Propinsi Jawa Barat. Siapakah dia, menjadi pertanyaan yang kini diungkapkan oleh SPB dalam bentuk cerita indah kepada semua orang. Ia adalah DR. Jupinus Ramli Saragih, SH, MM yang sering disebut hanya dengan nama DR. JR Saragih, saja. Jabatannya sekarang, Presiden Komisaris RS. Efarina Etaham Group.

Pertanyaan demi pertanyaan memerlukan suatu jawaban sebagai pencerahan yang membuat rasa simpatik, yang tentu akan membuat warga Kabupaten Simalungun dan warga Simalungun di perantauan bersimpatik. Isterinya, bernama dr. Erunita Br. Tarigan Girsang, SPKK, yang bekerja selaku dokter Sp. Kulit dan Kelamin, ibu hasil perkawinannya dengan DR. JR Saragih adalah Efarina br. Saragih yang kini masih selaku pelajar di salah satu sekolah dengan alamat tetapnya adalah di Jl. Raya Pondok Indah No. 21, Jakarta Selatan, dan juga beralamat tempat tinggal di Jl. Sutomo Hapoltakan Sondi Raya-Kabupaten Simalungun.

JR Saragih mendirikan sebuah Balai Asuhan Keperawatan yang berbadan hukum Yayasan Etaham, Ijin Yayasan No.02/Y-E/IV/2003 pada Tanggal 14 April 2003. Balai Asuhan Keperawatan 24 Jam ini berdiri di atas tanah seluas 770 m2.
 
 Pada tanggal 14 Oktober 2003 maka Balai Asuhan Keperawatan mendapatkan ijin perubahan menjadi Klinik Etaham dan penambahan bangunan serta mempunyai ruang perawatan dengan kapasitas 25 tempat tidur yang didukung dengan Dokter-dokter Spesialis, perawat, dokter umum sebagai dokter jaga dan non medis sebagai tenaga administrasi, mempunyai Ruang Operasi, ICU, dan NICU, dengan peralatan-peralatan yang canggih khususnya Bagian Kebidanan, dan Bagian Anak.Pada tanggal 7 Mei 2004.

Pendiri berhasil menjadikan Rumah Sakit Ibu dan Anak dengan Ijin Operasional sementara 064/RS/V/2004 tanggal 7 Mei 2004. Maka, dengan perubahan status tersebut, Pendiri menambah nama menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak Efarina Etaham. Upaya lain, telah dilakukan penambahan luas tanah menjadi 1800 M2 dan penambahan bangunan; maka Rumah Sakit Ibu dan Anak ini menambah kapasitas pasien rawat inap menjadi 35 tempat tidur. 
 
Semua itu bukan datang begitu saja, seperti hujan turun dari langit ke bumi. Tapi adalah atas dasar ketekunan dan kepemimpinan yang begitu disiplin, sehingga Rumah Sakit tersebut menjadi Rumah Sakit idola, hampir semua masyarakat khususnya masyarakat Purwakarta.

Pada Tanggal 18 Januari 2005, terjadi perubahan Yayasan menjadi PT. Efarina Etaham yang sebagai pengurus di dalamnya adalah Pendiri beserta Istri yaitu sebagai pendiri adalah DR. J.R. Saragih, SH, MM, MMR dengan dr. Erunita Anggraeni Tarigan Girsang dan sekaligus membangun gedung yang baru di atas lahan seluas 1,5 Ha dan membangundengan bangunan 3 lantai yang berkapasitas 100 tempat tidur. 
 
Maka,  dengan perubahan tersebut maka Rumah Sakit Ibu dan Anak ini menjadi Rumah Sakit Umum tanggal 19 Januari 2005. Serta mendapatkan Ijin Operasional dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Nomor: 278 445.6/Dalkes/RS/XII/ 2005 tanggal 01 Desember 2005. 

Pada tanggal 27 Nopember 2006 mendapatkan Ijin dari Menteri Kesehatan atas nama Pelayanan Medis Nomor: YM.02.04.3.5.5830Pada 24 Desember 2005 Jam 12 Malam maka Pendiri dengan bersusah payah dapat memindahkan semua kegiatan operasional dari bangunan Rumah Sakit yang lama pindah ke bangunan Rumah Sakit yang baru dan berjalan sampai sekarang. 

Hari terus berjalan, pendiri tetap selalu setia dan teguh di dalam keputusan-keputusan akan menjadikan Rumah Sakit tersebut sesuai dengan Motto “Pelayanan Merupakan Suatu Kebanggaan Bagi Kami”. Sehingga Rumah Sakit tersebut dapat dirasakan oleh semua masyarakat yang membutuhkan pertolongan khususnya dibidang kesehatan dan mendapat dukungan secara resmi dari Pemerintah Daerah Purwakarta dan sekitarnya.
Pendiri selalu berpikir dan berusaha sekuat tenaga mengembangkan pembangunan dan pengembangan rumah sakit yang dapat melayani banyak orang yang mampu dan yang kurang mampu. Baik dengan penambahan-penambahan fasilitas alat-alat yang canggih dan menempatkan dokter-dokter spesialis yang penuh rasa tanggung jawab terhadap pelayanan. Pendiri pada tahun 2007 telah pula menambah bangunan rawat inap sehingga mempunyai kapasitas pasien menjadi 120 orang, dan pada 2008 pendiri membangun gedung pertemuan. 

Saat ini, Pendiri juga tetap gigih sabar dan ulet berjuang maju, mengembangkan Rumah Sakit Efarina Etaham sehingga dapat mengembangkan sayapnya dalam pelayanan medis.
 
Rumah sakit yang terus sedang dalam pengembangan itu berupa pengembangan sayap, seperti yang pernah diucapkan oleh Menteri DR. Ir. Bungaran Saragih, biarlah Simalungun itu seperti burung yang terbang ke angkasa luas, nanti akan tetap membangun Simalungun. 
 
Demikian DR. JR Saragih berprinsip. Pembangunan di atas lahan 1 Ha didirikan bangunan berlantai 4 (empat) berkapasitas 150 tempat tidur, dengan standar rumah sakit internasional sebagai sayap yang dikembangkan dalam bentuk pengembangan rumah sakit itu di Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Desa Raya, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Dengan doa restu semua warga Simalungun di kampung halaman, demikian dimanapun berada termasuk yang ada di luar negeri, khususnya Keluarga Besar Rumah Sakit Efarina Etaham, maka Rumah Sakit tersebut akan dapat dioperasikan pada Desember 2008 lalu. 
 
Pada tanggal 23 September 2009 RS Efarina kembali mengembangkan usahanya dibidang pelayanan medis dengan telah di ambil alihnya kepemilikan RS. Satya Insani menjadi RS. Efarina yang terletak di Desa Pangkalan Kerinci, Kecamatan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Semua ini adalah atas doa semuanya, dan hikmad yang datangnya dari Tuhan Yang Maha Kuasa, katanya kepada SPB. (simantab.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments