Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kegiatan TMMD ke-88 Jalan Diperbaiki Fasilitas Desa Dibenahi

TMMD- Bupati Simalungun JR Saragih bersama Danrem 022/PT, Dandim 02/07 Simalungun, dan Kapolres Simalungun memperhatikan skema rencana pembangunan jalan dan fasilitas desa dalam program Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-88, Rabu (23/5). (Foto: Ist)TMMD- Bupati Simalungun JR Saragih bersama Danrem 022/PT, Dandim 02/07 Simalungun, dan Kapolres Simalungun memperhatikan skema rencana pembangunan jalan dan fasilitas desa dalam program Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-88, Rabu (23/5). (Foto: Ist)
SIMALUNGUN- Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk Paulus diwakili Danrem 022/Pantai Timur Kolonel (Inf) Karsiyanto secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-88. Kegiatan ini bertujuan mempercepat pembangunan kawasan terpencil dan terisolir yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian terkait dan pemerintah daerah.

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong di Desa Tiga Raja, Kecamatan Pamatang Silimakuta, Rabu (23/5). Kepala Staf TNI Jenderal Pramono Edhie Wibowo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kolonel (inf) Karsiyanto mengatakan, TMMD adalah program lintas sektoral dalam rangka mempercepat akselerasi pembangunan kawasan terpencil dan terisolir.

Kegiatan TMMD dilaksanakan dua kali dalam setahun dan untuk tahun 2012 dilaksanakan secara serentak di 61 kabupaten dan kota di Indonesia. Selanjutnya, Pramono Edhie Wibowo mengatakan, agar TMMD benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat. Pendekatan yang dilaksanakan adalah pendekatan bottom-up, yaitu atas usulan masyarakat sehingga hasilnya dapat dinikmati masyarakat setempat.

Sasaran TMMD terdiri dari dua aspek, yaitu sasaran fisik menyangkut perbaikan infrastruktur dan non fisik terkait peningkatan kualitas sumber daya manusi masyarakat. “Kehadiran TNI dalam TMMD tidak hanya sekedar membangun kegiatan fisik semata, tetapi harus dijadikan instrumen untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial serta mampu membangun komunikasi secara persuasif kepada masyarakat,”paparnya.

Selanjutnya Dandim 0207 Simalungun Letkol (Arh) R Edi Setiawan dalam laporannya mengatakan, TMMD ke-88 dilaksanakan sejak 23 Mei hingga 12 Juni  2012. Dengan sasaran kegiatan meliputi pembukaan jalan sepanjang 7 km lebar 5 meter, pengerasan jalan sepanjang 5 km lebar 5 meter, pembuatan jembatan, gorong-gorong dan renovasi SD, renovasi balai desa, kantor kepala desa, poliklinik desa dan pos kesehatan desa.

Edi Setiawan menambahkan, sasaran TMMD juga meliputi rehab gereja 1 buah, pembuatan poskamling. Untuk program  kegiatan non fisik, antara lain penyuluhan bela negara, keluarga berencana (KB), pertanian dan perikanan serta peternakan, dan narkoba, yang melibatkan instansi terkait.

Untuk menyukseskan kegiatan melibatkan TNI sebanyak 150 personel dan peran aktif masyarakat sebanyak 100 orang. Semua kegiatan ini dipusatkan di Nagori Hutaimbaru Kecamatan Pematang Silimakuta dan Nagori Purba KecamatanHaranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun.

Sementara Bupati Simalungun JR Saragih usai pembukaan TMMD memberikan apresiasi kepada jajaran TNI yang ikut serta membangun daerah lewat program TMMD dengan melibatkan peran aktif masyarakat, meski alokasi anggaran sangat minim. Untuk menjamin hasil TMMD benar-benar bermanfaat, bupati mengatakan, Pemkab Simalungun akan menindaklanjuti pembangunan jalan yang baru dibuka dengan pengerasan jalan, termasuk pengaspalan.

“Karena keterbatasan anggaran, kami akan meminta pemerintah pusat memberikan perhatian khusus sehingga proyek TMMD di Kabupaten Simalungun tidak sia-sia. Untuk tahun ini kami sudah mengalokasikan anggaran Rp5 miliar untuk peningkatan jalan TMMD di Kecamatan Raya,” papar JR Saragih. (METROSIANTAR.COM)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments