Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Tabanan Provinsi Bali Terpesona Lihat Keindahan Parapat dan Danau Toba




Bupati Simalungun: Kawasan Danau Toba Harus di Kelola Dengan Baik

Bupati kabupaten Tabanan Ni Putu Eka Wiriyastuti SSos memberikan apresiasi terhadap keindahan Danau Toba yang merupakan objek wisata alam peninggalan leluhur. Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Simalungun yang disambut oleh Bupati Simlungun DR JR Saragih SH MM di Inna Hotel Parapat Kecamatan Girsang Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Jum’at (01/06).

Selain memberikan apresiasi terhadap keindahan alam Danau, Bupati Tabanan yang juga di dampingi wakil Bupati I Komang K Sanjaya SE MM, anggota DPRD, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, kadis perikanan, Kabag Humas dan Protokol, Badan Pengelola Objek Wisata Danau Ulung Danu serta beberapa media cetak dan elektronik, juga menyampaikan bahwa objek wisata alam Danau Toba jika dikemas dengan baik akan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi Kabupaten Simalungun seperti yang ada di Kabupaten Tabanan yaitu danau Ulung Danu.

“Saya sangat bangga bisa sampai di Kabupaten Simalungun dengan alam yang indah, memiliki objek wisata Danau Toba yang merukan warisan leluhur kita. Ini luar biasa ciptahan Tuhan, saya tidak bisa membayangkan ada danau sebesar ini. Ini pengalaman luar biasa bagi saya dan rombongan, untuk itu ini harus kita jaga dan kembangkan sehingga tetap terawat dengan baik”, papar Ni Putu Eka Wiriyastuti.

Berkaitan dengan pengelola objek wisata alam yang ada di Tabanan yaitu Danau Ulung Danu, Bupati Tabanan menjelaskan bahwa, dalam mengelola objek wisata alam Danau Ulung Danu Kabupaten Tabanan, di kelola oleh Badan Pengelola Objek Ulung Danu Gerakan.

“Badan Pengelola inilah yang mengelola objek wisata, mereka yang mempromosikan, semua dana dari mereka, yang penting kita jalin kerja sama yang baik dengan mereka”, paparnya sebari menambahkan bawa kunujungan wisata ke daeah wisata Tabanan baik di Tanah Lot maupun di Danau Ulung Danu mencapai 2 juta jiwa lebih pertahun dan 75 % diantaranya adalah tamu-tamu lokal.

Disamping itu, Bupati Tabanan juga memaparkan tentang potensi alam di daerahnya. Dia mengatakan bahwa, Kabupaten Tabanan alamnya tidak jauh beda dengan Kabupaten Simalungun. Di Kabupaten Tabanan juga ada objek wisata berupa danau dan pantai Tanah Lot, pertanian dan potensi alam lainnya. Kunjungan di Kabupaten Simalungun menurut Bupati Tabanan merupakan program Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam rangka peningkatan pembangunan di bidang kepariwisataan. 

“Saya berharap kunjungan ini dapat memberikan mafaat yang besar bagi daerah Tabanan dan Kabupaten Simalungun paling tidak terjalin hubungan silahturrahmi yang baik dan terjadi kunjungan timbal balik”, harapnya.

Sementara itu, Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM saat menyambut kedatangan rombongan Bupati Tabanan menyampaikan selamat datang sekaligus menjelaskan secara singkat tentang tofografi kabupaten Simalungun.

Selanjutnya, Bupati Simalungun didampingi Kapolres AKBP Agus Fajar SIK memaparkan tentang  potensi alam khusunya kota Parapat dengan Danau Tobanya. Dikatakan, sejak beberapa tahun terakhir ini kunjungan wisata di Danau Toba menurun. 

“Hal ini dikarenakan jarak tempuh dan kondisi infrostruturjalan kurang mendukung sehingga untuk menuju kesini saja dari Medan selama kurang lebih 4 jam. Demikian juga dengan pengelolaan Danau Toba masih ditangani oleh provinsi tidak seperti di Bali”, ujarnya.

Masih Bupati Simalungun, Pemkab Simalungun terus berupaya membuka akses menuju objek wisata Danau Toba agar lebih mudah sampai disini. Diharapkan pada tahun 2013 nanti Danau Toba dapat ditempuh dari Medan dalam waktu 1,5 jam. 

“Saat ini kami bersama semua Muspida sedang mencoba membuka jalan untuk mempermudah menuju Danau Toba. Melalui sepeda motor kami juga menelusuri pinggiran Danau Toba untuk membuka jalan. Saya berharap hal ini dapat segera terwujud dan juga Bandara Kuala Namu cepat selesai, karena bandara ini juga merupakan akses pendukung wisatawan menuju danau Toba”, ungkap Bupati.

 Bupati Simalungun juga menyampaikan bahwa, wisatawan yang datang di Sumatera Utara saat ini hanya sekitar 10 % ke Danau Toba, kebanyakan  berhenti di beratagi karena jarak tempuh dari medan hanya sekitar 1 – 2 jam saja. “Ini juga kendala bagi kami. Oleh karena itu kami juga ingin ke Bali untuk melihat bagaimana mengkemas objek-objek wisata disana dalam menarik wisatawan  dan bagaimana masyarakat disini juga merasa memilikinya seperti masyarakat di Bali”, tambahnya.

Menyinggung tentang fasilitas hotel di Parapat, Bupati mengatakan bahwa, hotel di Parapat mulai kelas melati sampai berbintang ada dan jumlah kamar hotel di Parapat mencapai 1.000-an bahkan ada president sheet. Untuk mengkontrol tarif hotel disini Pemkab Simalungun akan berupaya untuk membangun Hotel bintang 4, sehingga tarif hatel di Parapat dapat di standartkan.

Dikesempatan itu Bupati kendala-kendala untuk menarik wisatawan di Danau Toba, seperti banyak kerambah yang semakin banyak. Menurut Bupati hal ini dikarenakan pengelolaan masih di tangani oleh provinsi tidak seperti di Bali pengelolaannya di serahkan oleh sebuah badan, sehingga mereka memiliki otorita sendiri.

“Danau Toba bukan hanya berada di Kabupaten Simalungun. Di kawasan danau Toba ada 7 Kabupaten termasuk Simalungun. Kami juga sudah berupaya untuk menjalin kerjasama dengan ke 7 daerah ini tentang bagaimana memajukan wisata di Danau Toba, artinya Danau Toba masyarakat di 7 daerah ini harus merasa memiliki dan harus bersama-sama menjaga dan melestarikan Danau Toba ini dengan Baik”, tandas Bupati yang saat itu juga didampingi Pengurus DPP PMS, para Pimpinan Unit Kerja dan Camat se-kabupaten Simalungun.

Pada kunjungan kerja Bupati Tabanan dan rombongan tersebut, Bupati Simalungun bersama DPP PMS menyematkan pakaian yang bermotif Simalungun. Mereka juga saling tukar menukar cendramata. Dalam kesempatan itu, rombongan Bupati Tabanan didampingi Bupati Simalungun singgah di pesanggrahan Bung Karno.(http://www.simalungunkab.go.id)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments