. Pangulu Sihaporas Dicopot | BeritaSimalungun
Home » » Pangulu Sihaporas Dicopot

Pangulu Sihaporas Dicopot

Written By GKPS JAMBI on Wednesday, 6 June 2012 | 11:30

SIMALUNGUN- Pangulu Sihaporas Manotar Ambarita resmi dicopot dari jabatannya. Ratusan masyarakat Sihaporas yang datang ke Kantor Camat Pematang Sidamanik telah menandatangani surat pernyataan setuju Manotar dicopot.

“Manotar sudah dicopot dari jabatannya. Saya sebagai pengurus Maujana sudah menandatangani surat pencopotan Manotar,” ujar Karman Ambarita pengurus Maujana Nagori Sihaporas, Senin (4/6). Dia mengatakan, permintaan masyarakat kepada Maujana agar secepatnya dibuatkan pengganti pangulu di Nagori Sihaporas. Hal itu guna mempermudah masyarakat dalam pengurusan surat menyurat.

“Saya sudah sampaikan kepada Camat Pematang Sidamanik, agar sementara waktu dibuat Plt Pangulu Sihaporas dari kantor camat. Dalam waktu dekat juga pemilihan pangulu akan dilaksanakan,”ungkapnya.

Terpisah, Judin Ambarita tokoh masyarakat Sihaporas mengatakan, meski Manotar sudah dicopot, tapi ulah Manotar Ambarita yang merampas tanah masyarakat tak kunjung berhenti. Bahkan, sejak dicopot, Manotar semakin gesit menanami pohon durian di atas lahan masyarakat.

“Manotar menggaji orang untuk menanami pohon durian di tanah masyarakat, termasuk di tanah yang sudah diumumkan stanvas. Manotar tidak menggubris keputusan pemkab dan DPRD, saat melakukan rapat dengan masyarakat Sihaporas,” katanya. Setiap harinya, lanjut Judin, Manotar menanami ratusan pohon durian di tanah masyarakat. Saat Manotar dan orang-orang yang digajinya menanami pohon tersebut, masyarakat tidak mau melakukan perlawanan karena tidak mau terjerat hukum.

“Kami masih diam, menyaksikan Manotar dan orang-orangnya menanami pohon durian di tanah masyarakat. Tapi sesekali juga, pohon durian itu kami cabut. Karena kami sudah nekat, kalau Manotar dan orang-orangnya melakukan perlawanan, maka untuk perang pun kami masyarakat sudah siap. Kalau tanah kami dirampas, kami mau kerja di mana lagi,” tegasnya.

Masyarakat Sihaporas mengharapkan camat, polisi dan DPRD turun langsung ke lokasi untuk menyaksikan bagaimana perbuatan Manotar merampas tanah masyarakat.

“Kalau sikap Manotar semakin menjadi-jadi, pertumpahan darah kami sudah siap. Kalau hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak diakui, berarti harus hukum rimba yang harus terjadi,” katanya. (METROSIANTAR.COM)

Warga Minta Camat Tindak Pangulu


Laporan Wartawan Tribun Medan/Liston Damanik
SIMALUNGUN - Enam belas warga Nagori Sihaporas meminta Camat Pamatang Sidamanik untuk mengusut berbagai dugaan korupsi dan tindakan merugikan lainnya yang telah dilakukan Pangulu Nagori Sihaporas Manotar Ambarita.

Enam belas warga akhir bulan lalu bersatu dan mengirimkan daftar dosa yang menurut mereka telah dilakukan Manotar sejak menjabat pada tahun 2005 sampai sekarang ini.  Ia diduga berlaku curang dalam pengadaan raskin, konversi gas/elpiji, proyek pembangunan jembatan, dan pembobolan honor aparat Nagori Sihaporas seperti Sekretaris Desa dan Kaur.

Manotar Ambarita pernah diberhentikan secara tidak terhormat  oleh Bupati Zulkarnain Damanik karena maju dalam pemilihan anggota legislatif tahun 2009 yang lalu. Ia kalah dan ternyata diaktifkan kembali sebagai Pangulu oleh Kepala Daerah yang baru.

Harapan baru tentang pergantian Kepala Nagori yang bersebelahan dengan kebun eucalyptus perusahaan Toba Pulp Lestari ini kembali bangkit karena bulan Agustus nanti masa jabatan Manotar akan segera habis.

Menurut seorang warga Karman Ambarita, Camat pernah berjanji akan segera membentuk panitia persiapan pemilihan Pangulu di Nagori Sihaporas. "Tapi, sampai sekarang tidak jelas juga," kata Karman, Senin (6/6). Ia memang curiga selama ini Camat punya kedekatan dengan Pangulu mereka itu.

Selain korup, Karman juga menilai Manotar sebagai pribadi yang arogan. Menurutnya, di hadapan dirinya dan beberapa warga lain, putra asli Sihaporas Bolon itu mengaku membeli mobil Xenia yang ia gunakan dari hasil korupsi selaku pangulu. "Sampai mati pun saya berani bersaksi tentang itu," katanya.

Share this article :

Post a comment

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

Mengucapkan

Mengucapkan
Selamat Natal 25 Desember 2020

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.