}); JR Saragih Resmikan Penampungan Air Bersih di Huta Tondang Raya | BeritaSimalungun
Home » » JR Saragih Resmikan Penampungan Air Bersih di Huta Tondang Raya

JR Saragih Resmikan Penampungan Air Bersih di Huta Tondang Raya

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 27 November 2012 | 12:58


(Foto: Tonggo Sibarani)
Bupati Simalungun JR Saragih memutar kran air pada peresmian saluran air di Tindang Raya.

SIMALUNGUN - Dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih di Huta Tondang Raya, Kelurahan Sondi Raya, masyarakat membangun sarana air  bersih melalui swadaya. Air bersih tersebut bersumber dari mata air yang ada di sekitar perumahan penduduk.

Pada Minggu (25/11), sarana air itu pun diresmikan oleh Bupati DR JR Saragih SH MM, ditandai dengan pemutaran kran air. Menurut pengurus Gereja GKPS Sarmedi Saragih, untuk memperoleh air bersih yang berasal dari sumber mata air yang ada di sekitar perumahan penduduk itu, masyarakat telah mengeluarkan dana sekitar Rp94 juta. 

Dan dari dana itu digunakan untuk pembangunan instalasi air ke bak penampungan sebesar Rp30 juta, sisanya untuk membangunan instalasi air ke rumah-rumah penduduk sebanyak 100 KK.

“Semua dana tersebut adalah swadaya masyarakat yang besarannya berbeda-beda, disesuaikan jarak rumah dari bak penampungan,” jelas Sarmedi sembari menambahkan bahwa pengadaan air bersih ini sepenuhnya dikoordinir oleh jemaat GKPS Huta Tondang.

Sementara Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM dalam bimbingan dan arahannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada jemaat GKPS yang telah membangun sarana air bersih dengan dengan cara swadaya. 

“Air bersih merupakan kebutuhan hidup bagi masyarakat banyak. Ini sangat penting bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, kepada masyarakat diharapkan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Jaga dan rawatlah sarana air bersih ini, apalagi air ini diperoleh dengan cara swadaya,” ungkap Bupati.

Di sela-sela acara peresmian penggunaan air itu, Bupati memberikan santunan secara pribadi kepada janda-janda tua dari kalangan masyarakat kurang mampu sebesar Rp10 juta. Tampak hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Drs Gidion Purba MSi, Pangulu Sondi Raya Rajorman Sinaga, Camat Raya Sutini Saragih, Kadis Perhubungan, Drs Garinsen Saragih, Kadis Pendidikan Resman Saragih S.Sos, Plt Kadis Periwisata Rizal EP Saragih AP MSi, dan Dirut PDAM Tirta Lihou Ir Jhon Pariaman Saragih. (Copas: MSC)
Share this article :

Post a Comment