Info Terkini

10/recent/ticker-posts

120 Ribu Bibit Kakao Siap Dibagi ke Petani Simalungun

BIBIT KAKAO.IST
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara akan membagikan pupuk dan bibit kakao sekitar 120ribu batang siap tanam di delapan kecamatan di Simalungun.

Kadis Perkebunan Simalungun Amran Sinaga mengatakan, delapan kecamatan yang akan menerima bantuan diantaranya, Kecamatan Siantar, Gunung Malela, Gunung Maligas, Tanah Jawa, Huta Bayu Raja, Bandar Masilam, Bosar Maligas dan Kecamatan Ujung Padang.

Menurutnya, pemberian bantuan tersebut untuk mengembangkan hasil kakao di Simalungun. Bantuan pupuk dan bibit kakao diperkirakan mencukupi sekitar 100 hektar lahan petani. Dinas Perkebunan Sumatera Utara akan memberikan bantuan berupa bibit kakao siap tanam dan pupuk untuk menjaga kelangsungan hidup kakao tersebut.

“Bibit nanti diserahkan langsung ke petani. Kita (Dinas Perkebunan Simalungun, red) hanya menyediakan lahannya saja,” katanya. Lanjutnya, pemberian bibit ini dijadwalkan akan dilaksanakan Agustus mendatang. Delapan kecamatan yang direncanakan sebagai penerima bantuan merupakan daerah yang kakaonya dapat tumbuh subur.

“Dinas Perkebunan Simalungun hanya sebatas pihak untuk menjembatani Dinas Perkebunan Provsu dalam menjalankan program kerjanya. Jadi kita hanya pendamping. Lokasinya sudah ditentukan, tinggal melaksanakannya saja,” jelasnya lebih lanjut.


Amran berharap, dengan bantuan bibit ini upaya untuk meningkatkan perkebunan kakao di Simalungun dapat ditingkatkan terlebih sejauh ini harga kakao juga cukup baik sehingga petani dapat meningkatkan hasil panennya. “Yang mendapatkan bantuan ini  adalah kelompok perkebunan kakao. Kita harapkan kedepannya ini akan menjadi program berkesinambungan untuk meningkatkan pendapatan para petani kakao di Simalungun,” harapnya.(MSC)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments