. Lebaran, KPK Ingatkan Pejabat Tak Terima Parsel | BeritaSimalungun
Home » » Lebaran, KPK Ingatkan Pejabat Tak Terima Parsel

Lebaran, KPK Ingatkan Pejabat Tak Terima Parsel

Written By Beritasimalungun on Friday, 3 July 2015 | 10:36

Taufiequrachman Ruki (ANTARA FOTO/Setpres-Intan/HO/Rei)
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK, Taufiequrrachman Ruki 
[JAKARTA] Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengingatkan para pejabat penyelenggara negara, dan pegawai negeri sipil (PNS) untuk tidak menerima hadiah dalam bentuk apapun. Termasuk parsel saat Hari Raya Idul Fitri atau lebaran nanti. Parsel yang diterima penyelenggara negara dapat dikategorikan sebagai gratifikasi.


"KPK mengimbau kepada pejabat negara untuk tidak menerima parcel yang ada hubungannya dengan jabatannya. Karena itu memang kategori gratifikasi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK, Taufiequrrachman Ruki di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (2/7).



Ruki menyatakan, seluruh pimpinan KPK telah menandatangani surat imbauan larangan penyelenggara negara menerima hadiah saat lebaran nanti. Surat imbauan tersebut telah diedarkan kepada seluruh instansi pemerintah.



"Surat sudah ditandatangani pimpinan dan sudah dikirim kepada seluruh kementerian dan lembaga untuk tidak menerima parsel," katanya.



Kepada para pejabat yang menerima hadiah, Ruki meminta agar dilaporkan. Setidaknya, hadiah berupa parsel makanan disarankan untuk disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.
"Kalau berupa makanan kita sarankan untuk dijadikan, difungsi sosialkan saja. itu sudah biasa," katanya.



Plt Komisioner KPK, Johan Budi SP mengatakan, sebagian pejabat masih ada yang menerima hadiah berbentuk parsel, namun tak melaporkan kepada KPK. Sementara sebagian lainnya telah mematuhi imbauan KPK dengan tidak menerima hadiah sama sekali.



"Ada dua hal yang mungkin terjadi dalam penerimaan parcel. Pertama, memang menerima tapi tidak dilaporkan. Kedua, sudah tidak terima parcel lagi," ungkapnya.



Johan mengatakan, saat lebaran tahun lalu, pihaknya pernah menerima laporan penerimaan parcel dari pejabat negara saat lebaran tahun lalu. Diungkapkan, kepada instansi atau kementerian yang rajin melaporkan penerimaan hadiah, KPK tak segan untuk memberikan penghargaan.



"Ada laporan (penerimaan parcel) waktu hari antikorupsi tahun lalu. Kami berikan semacam award atau piagam. Kementerian Keuangan yang dapat," katanya. [SP)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.