Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dewan Dukung Pembentukan Badan Otoritas Danau Toba

Parapat diabadikan dari Siantar hotel.IST 
BERITASIMALUNGUN.COM-Medan-Anggota Komisi B DPRD Sumatera Utara Aripay Tambunan mendukung wacana pemerintah untuk membentuk badan otoritas yang berwewenang mengelola Danau Toba.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional ini, pembentukan badan otoritas tersebut akan memberikan kemudahan bagi pemerintah pusat untuk memajukan kawasan strategis nasional itu. Ia menuturkan, rencana Menko Kemaritiman Rizal Ramli untuk menjadikan Danau Toba sebagai “Monaco Asia” sangat perlu didukung.

“Dengan adanya otoritas tersendiri seperti Badan Layanan Umum (BLU), pengelolaan dan pembangunan kawasan Danau Toba bisa lebih fokus dan lebih mudah. Apalagi dengan alokasi anggaran khusus dari APBN,” katanya, Selasa (6/10).

Lanjut Aripay, dengan otoritas dari pusat itu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ataupun pemerintah di kabupaten/kota sekitar Danau Toba tidak lagi dibebani dengan program pariwisata nasional itu. “APBD Sumut dan tujuh kabupaten/kota sifatnya hanya ‘supporting‘ (dukungan),” tuturnya.

Aripay menilai, jika konsep itu berhasil dijalankan, Danau Toba akan mampu menarik kunjungan wisatawan hingga jutaan orang per tahun. Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut diyakini mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Sumut, terutama tujuh kabupaten/kota di kawasan Danau Toba yakni Kabupaten Simalungun, Samosir, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan. (Net)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments