Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pengungsi Dampak Bentrokan di Aceh Singkil Dipulangkan Hari Ini

http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/311444892451.jpg
Puing-puing dari bangunan gereja yang dibakar di Kabupaten Aceh Singkil (AFP Photo/Munandar)
Banda Aceh-Keputusan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Singkil kemarin menghasilkan keputusan bahwa semua pengungsi dari kalangan umat Kristen dipulangkan ke rumah masing-masing, Jumat (16/10). Para pengungsi yang eksodus ke Sumatera Utara (Sumut) lantaran terjadi bentrokan di daerahnya akan dipulangkan dengan jaminan keamanan dari aparat TNI/Polri.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Provinsi Aceh Nasir Zalba kepada SP saat dihubungi via telepon di Aceh Singkil, Jumat (16/10).

Kesepakatan memulangkan para pengungsi diputuskan dalam rapat yang dihadiri Kapolda Aceh Irjen Pol Husen Hamidi, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, bupati dan unsur Forkopimda, serta tokoh agama dari umat Kristen.

Berdasarkan catatan, jumlah pengungsi mencapai 5.490 jiwa -- bukan 7.000 jiwa seperti yang tersebar dalam pemberitaan selama ini. Rinciannya, sebanyak 4.248 jiwa pengungsi berada di Kecamatan Banduamas Tapanuli Tengah dan 1.250 jiwa berada di Kecamatan Bagindar Pak-Pak Barat.

Proses pemulangan dan penyerahan pengungsi dilakukan oleh Bupati Tapanuli Tengah kepada Bupati Aceh Singkil. Pemulangan pengungsi akan dilakukan dengan menggunakan sejumlah angkutan milik TNI/Polri dan pemerintah.

Hingga saat ini kapolda dan pangdam Iskandar Muda masih bertahan di Aceh Singkil untuk memantau langsung situasi di sana dan memberikan semangat kepada masyarakat untuk menjaga kedamaian.


Bupati Aceh Singkil Safriadi dan Kapolda Aceh Irjen Husen Hamidi telah meminta para pengungsi untuk kembali. "Mudah-mudahan rencana pemulangan semua pengungsi dari kalangan umat Kristiani yang selama tiga hari eksodus bisa berjalan dengan baik," kata Nasir.(Beritasatu.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments