. SUARA KORBAN ASAP (8), Langit Biruku Sudah Kembali! | BeritaSimalungun
Home » , » SUARA KORBAN ASAP (8), Langit Biruku Sudah Kembali!

SUARA KORBAN ASAP (8), Langit Biruku Sudah Kembali!

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 4 November 2015 | 14:45

KABUT ASAP DI KOTA JAMBI 27 OKTOBER 2015. FOTO ASENK LEE SARAGIH.
Pagi ini langit biruku benar-benar sempurna, cahaya matahari bersinar cerah, cucuku bermain bebas di teras atau di luar rumah. Anak-anak menghirup udara segar, dan memperoleh sinar ultra violet yang membantu pertumbuhan tulang mereka. Tidak ada kekhawatiran lagi menghirup asap beracun.

Itulah hasil mahakarya Tuhan yang selama berbulan-bulan hilang akibat keserakahan manusia menghancurkan ciptaan Tuhan, hutan dan segala isinya di daerah Kalimantan, Sumatera Selatan, Jambi dan Riau.

Hasil karya orang-orang serakah itu menebar asap dan menutupi hampir 3/4 bumi Indonesia, serta menutup langit biru negara tetangga seperti Malysia, Singapura dan Thailand.

Sadarlah bahwa Tuhan telah menciptakan bumi ini sempurna untuk dinikmati manusia. Tapi orang-orang serakah, tidak menghargainya, bahkan merusaknya dan membahayakan orang lain.

Menikmati ciptaan Tuhan tidak boleh serakah, mau untung tanpa usaha. Membakar hutan memang lebih murah biayanya untuk membuka lahan, tetapi mengorbankan hasil maha Karya Tuhan, dan akhirnya mengganggu umat manusia lainnya, dan anda, para orang yang serakah juga menderita pada akhirnya. Semua menderita.

Kalau manusia merusak Ciptaan Tuhan, memang seolah beruntung, tetapi dalam jangka panjang, kita akan membayar kembali jauh lebih mahal dari "untung" yang diperkirakan orang-orang yang serakah.

Hari ini Tuhan menghadiahkan langit biru, cahaya matahari yang tidak bisa diciptakan siapapun. Marilah memelihara langit biru Indonesia, membiarkan cahaya matahari menyinari bumi, mengoptimalkan proses fotosintesa untuk meningkatkan produksi tanaman kita.

Para orang-orang yang serakah, hentikanlah keserakahanmu. Jangan cemari lagi langit biru kami dengan asap beracun! Pak Jokowi, kami memohon maaf, karena telah membuat bapak merah kuping selama ini.

Tapi, bapak jangan lupa, tahun depan kami tidak boleh kehilangan langit biru, kami tidak boleh kehilangan cahaya matahari karena tertutup asap, kami tidak boleh khawatir anak-anak menghirup udara beracun. Tuhan telah menghadiahkan itu semua untuk kami. Jangan rebut berkat itu dari kami.

Bapak Jokowi bertanggungjawab dengan menugaskan kabinet bapak, melakukan mitigasi dan mencegah pembakaran hutan. "Jangan kebakaran Jenggot" lagi.

Kalau tahun depan tidak ada lagi asap, maka korban-korban asap akan memilih bapak lagi deh! Selamat menikmati! (St Jannerson Girsang)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.