Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Radiapoh Hasiholan Sinaga Tak Ada Lawan Tanding Setimpal di Pilkada Simalungun 2024

Radiapoh Hasiholan Sinaga saat mengantarkan berkas pendaftarannya sebagai bakal calon Bupati Simalungun kepada Tim Penjaringan Calon Bupati/Wakil Bupati DPD Partai Golkar Kabupaten Simalungun, Kamis 25 April 2024. (Istimewa)

Catatan Redaksi

Pematangraya, BS-Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) tidak ada lawan tanding setimpal di Pemilihan Kepala Daeah (Pilkada) Kabupaten Simalungun 27 November 2024. Selain menyandang patahana Bupati Simalungun, isi tas, elektabilitas dan popularitas RHS masih tak terkalahkan di Simalungun. 

Jelang Pilkada November 2024, Radiapoh Hasiholan Sinaga telah mendaftarkan diri ke sejumlah partai di Kabupaten Simalungun, diantaranya ke DPC Partai Golkar, DPC Partai Demokrat, DPD Perindo Kabupaten Simalungun, DPC PDIP dan lainnya.

Kans partai politik untuk mengusung RHS kian besar mengingat logistik dan elektabilitas RHS masih teratas. Bahkan belum ada bakal calon lain yang bisa menandingi isi tas, elektabilitas dan popularitas RHS di wilayah Simalungun.  

Koalisi gemuk seperti Partai Golkar, Demokrat, Perindo, PDIP bakal mengusung patahana Radiapoh Hasiholan Sinaga sebagai bakal calon kepala daerah dalam kontestasi Pilkada November 2024. 

Melalui tim, Radiapoh Hasiholan Sinaga mendaftar sebagai bakal calon Bupati Simalungun Periode 2025-2030 ke sejumlah partai politik di Simalungun. Bahkan RHS disebut-sebut "jago"melobi parpol sebagai kenderaan politiknye menuju periode kedua Bupati Simalungun. 

Bahkan di Partai Golkar sendiri, Radiapoh Hasiholan Sinaga merupakan kader terbaik dan didorong maju dalam perhelatan pilkada 2024. Meski telah mendapat surat tugas dari DPP Partai Golkar, RHS tetap menjalin komunikasi dengan partai lain guna membangun sinergitas. 

Radiapoh Hasiholan Sinaga menyatakan siap bertarung atau maju kembali di Pilkada Simalungun November 2024, melalui Partai Golkar yang juga menjadi partai pengusung dirinya pada Pilkada Simalungun 2020 lalu.

Hal itu diungkapkan Radiapoh H Sinaga saat mengantarkan berkas pendaftarannya sebagai bakal calon Bupati Simalungun kepada Tim Penjaringan Calon Bupati/Wakil Bupati DPD Partai Golkar Kabupaten Simalungun, Kamis 25 April 2024. 

RHS datang ke kantor DPD Partai Golkar di Jalan Asahan Km.4 Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun dengan memakai jas berwarna kuning didampingi sejumlah tokoh masyarakat. 

Di DPD Partai Golkar Simalungun, Radiapoh H Sinaga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai, sehingga kehadirannya di kantor partai berlambang pohon beringin itu disambut dengan hangat dan penuh sukacita. 

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPD Golkar Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, Sekretaris Suyono, Ketua Tim Penjaringan, Binton Tindaon, segenap fungsionaris dan pengurus Golkar Kecamatan se Kabupaten Simalungun serta para anggota DPRD Simalungun fraksi Golkar dan calon legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 lalu. 

Radiapoh Sinaga didaulat untuk menyerahkan berkas pendaftarannya kepada tim penjaringan yang diterima langsung oleh Binton Tindaon didampingi Ketua DPD Partai Golkar Simalungun, Timbul Jaya Sibarani dan sejumlah pengurus lainnya. 

Menurut Binton, Tim Penjaringan Calon Bupati/Wakil Bupati Simalungun DPD Partai Golkar Simalungun sejak dibuka hingga ditutup, hanya ada satu yang mendaftar dan mengembalikan berkas, dia adalah Radiapoh Hasiholan Sinaga yang saat ini masih menjabat sebagai Bipati Simalungun.

Radiapoh Hasiholan Sinaga yang akrab dipanggil dengan pak RHS, juga berterima kasih kepada segenap pengurus, anggota dan simpatisan karena dirinya diterima bukan hanya sebagai bupati, tetapi sebagai keluarga di tubuh partai berlambang pohon beringin itu.

"Hari ini merupakan hari bersejarah, percis 3 tahun menjadi bupati. Hari ini kembali datang ke kantor Golkar ingin mendapatkan mandat atau kepercayaan dari Partai Golkar Simalungun,” kata Radiapoh Sinaga. 

Saat mendaftar ke Golkar, RHS tak didampingi Wakil Bupati Simalungun petahana Zonny Waldi. Hal ini disebut-sebut RHS tak lagi menggandeng Zonny Waldi sebagai wakilnya pada Pilkada Simalungun November 2024 mendatang.

Kata RHS, angin terbaik buat Partai Golkar Simalungun dengan bertambahnya amunisi dari 9 ke 15 kursi DPRD Kabupaten Simalungun hasil Pileg 14 Februari 2024, semakin mudah memenangkan pertarungan merebut kursi Bupati Simalungun untuk periode kedua.

Ketua DPD Partai Golkar Simalungun Timbul Jaya Sibarani, dalam sambutannya mengatakan, sebelum Radiapoh Sinaga menyerahkan berkas pendaftarannya, pihak DPP Golkar sudah membahasnya di Jakarta. Pihaknya akan menindaklanjutinya sehingga ditetapkan menjadi calon Bupati satu-satunya yang akan diajukan Partai Golkar. 

"Komitmen yang sudah dibangun dari dulu, kita tidak mau tiba-tiba ada orang lain harus dijadikan calon bupati periode 2025 – 2030,” kata Timbul yang pada Pemilu 14 April 2024 lalu berhasil meraih suara dan terpilih untuk menjadi Anggota DPRD Sumut Periode 2024 – 2029 ini. 

Dia mengajak seluruh pengurus, kader dan anggota untuk merapatkan barisan agar dapat memenangkan pertarungan Pilkada 2024 mendatang. Meski belum santer terdengar, RHS disebut-sebut akan menggandeng Jarinsen Saragih, yang juga mantan pejabat di Pemkab Simalungun.

Lawan Tanding

Nama-nama bakal calon Bupati Simalungun Pilkada November 2024 belum begitu muncul ke permukaan. Pernah muncul nama Yan Santoso Purba mendaftar ke DPC PDIP Simalungun. 

Juga disebut-sebut muncul nama Zonny Waldi yang saat ini menjabat Wakil Bupati Simalungun juga digadang-gadang akan maju sebagai bakal calon Bupati Simalungun pada Pilkada 2024. Ada juga sekilas muncul nama Junimart Girsang (Anggota DPR RI), namun Junimart Girsang telah mendaftar di DPC PDIP Dairi untuk maju di Pilkada Bupati Dairi.

Ada juga beredar isu bakal maju juga sejumlah tokoh lainnya, seperti H Budi Dalimunthe, Mangapul Purba (Anggota DPRD Sumut) dan Rony Reynaldo Situmorang (Anggota DPRD Sumut). Namun hingga kini sejumlah nama itu belum ada yang mendaftar ke partai politik.

Kekayaan RHS

Diketahui Radiapoh Hasiholan Sinaga mencatatkan harta kekayaan selama menjabat meningkat hingga Rp 25 Miliar. Sebelum menjabat Bupati Simalungun, atau tahun 2020, kekayaan Radiapoh H Sinaga berdasarkan LHKPN KPK adalah Rp 11 miliar. 

Adapun berdasarkan laporan akhir tahun 2022, kekayaan Radiapoh Sinaga meningkat sebesar Rp 25 miliar. RHS memiliki aset 39 bidang tanah di Indonesia tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Kota Pekanbaru, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, Kota Rokan Hulu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, Kota Pelalawan, Kota Palangkaraya, Kota Lamandau, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hilir.

Aset tanah juga tercatat berada di Kabupaten Kampar, Kotawaringin Timur, Kabupaten Simalungun, Kota Palembang, dan Kabupaten Kepulauan Meranti dengan total aset tanah adalah Rp 13,7 miliar dan selurunya merupakan hasil sendiri.

Kemudian alat transportasi dan mesin satu unit sepeda motor Yamaha Mio tahun 2011 hasil sendiri seharga Rp 800 ribu, empat unit mobil masing-masing Nissan March tahun 2012 senilai Rp 60 juta, Toyota Fortuner tahun 2017 senilai Rp 190 juta, Honda Mobilio tahun 2015 senilai Rp 120 juta dan satu unit Mitsubishi Expander Cross tahun 2021 senilai Rp 245 juta.

Selanjutnya harta bergerak lainnya sebesar Rp 984 juta dan kas dan setara kas senilai Rp 8,1 miliar. Radiapoh Sinaga juga melaporkan hutang sebesar Rp 100 juta. Total harta kekayaan Radiapoh Hasiholan Sinaga terakhir adalah Rp 25,9 miliar.

Hasil Pilkada Simalungun 2020

Pada Pilkada Simalungun Deseber 2020 lalu, paslon nomor urut 1 Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi unggul dengan meraih 194.163 suara. Rapat Pleno digelar di Aula kantor KPU Simalungun Jalan Jon Horailam Saragih, Kecamatan Raya, Rabu-Kamis (17/12/2020) pukul 03.00 WIB dini hari. 

Hasil keputusan perolehan suara dituangkan dalam keputusan KPU Simalungun No 175/PL.02.6-Kpt/1208/KPU-Kab/XII/2020. 

Pasangan Radiapoh-Zonny unggul di Kecamatan Bandar, Bandar Huluan, Bandar Masilam, Dolok Masagal, Dolok Batu Nanggar, Dolok Panribuan, Dolok Pardamean, Dolok Silau dan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. 

Kemudian Kecamatan Gunung Malela, Gunung Maligas, Haranggaol Horison, Hatonduan, Huta Bayu Raja, Jawa Maraja Bah Jambi, Jorlang Hataran, Pamatang Silima Huta, Panei, Panombeian Panei, Pematang Bandar dan Kecamatan Purba. Selanjutnya Kecamatan Raya, Kecamatan Siantar, Sidamanik, Silimakuta dan Kecamatan Silau Kahean. 

Perolehan suara terbanyak setelah Paslon Radiapoh-Zonny disusul oleh Paslon nomor urut 4 Anton Saragih-Rospita Sitorus dengan perolehan 127.608 suara. Kemudian Paslon nomor urut 2 Hasim-TP Siregar dengan 98.937 perolehan suara, dan perolehan suara terakhir pasangan nomor urut 3 Wagner Damanik-Abidinsyah Saragih (Independen) dengan total 32.926 suara. 

Sementara itu, untuk jumlah pemilih tercatat sebanyak 459.953, dengan rincian jumlah suara sah 453.634, dan jumlah suara tidak sah 6.319.  

Profil Singkat 

Nama. : Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH 
T/TL : Tigarunggu, 18 Juni 1968 
Istri : Ratnawati br Sidabutar 
Anak : 4 

Pendidikan 
SD Negeri 01 Tigarunggu 
SMP Negeri Tigarunggu 
Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) di Pamatangraya (Lulus 1988)
S1 dan S2 Ilmu Hukum di Universitas Batam, Kepulauan Riau 

Pekerjaan :
-Pengusaha Properti, Perkebunan dan Perusahaan Pembiayaan. 
-Bupati Simalungun Periode 2020-2024.

(BS-AsenkLeeSaragih)
PERWAKILAN PO PAIMAHAM SIMPANG 50 KOTA: HP 081370926084 WA: 085361535414 



Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments