Home » » Kementerian Desa Luncurkan Sistem Pengelolaan Desa "Online"

Kementerian Desa Luncurkan Sistem Pengelolaan Desa "Online"

Written By Berita Simalungun on Tuesday, 19 January 2016 | 22:54




Logo Kementerian Desa [logovektor.com]
Logo Kementerian Desa [logovektor.com] 

BERITASIMALUNGUN.COM-[JAKARTA] Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi meluncurkan sistem pengelolaan desa berbasis "online" di Jakarta, Selasa (19/1).

"Sistem informasi bertujuan memfasilitasi desa dalam menciptakan tata kelola yang baik serta mempromosikan desa," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi Kementeria Dsea, Nurdin di Jakarta, Selasa (19/1).

Dia menjelaskan terdapat tujuh sistem informasi yang telah dibangun yakni desa "online" (membantu desa mengenalkan desa melalui situs), Sistem Informasi (SI) Desa (membantu desa dalam pengelolaan dan pengembangan desa melalui sistem informasi yakni potensi desa, pembangunan desa, BUMDes, transparansi keuangan dana desa, pemberdayaan desa, layanan administrasi desa, monitoring desa dan jelajah desa), SI Daerah Tertinggal dan Tertentu (informasi tentang kondisi dan pengembangan daerah tertinggal).

Kemudian terdapat SI Kawasan Transmigrasi (informasi tentang transmigrasi), SI E-Office (mendukung reformasi birokrasi dengan memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja), SI Analisis (aplikasi dengan fasilitas analisis data untuk menunjang penetapan kebijakan), dan aspirasi masyarakat (aplikasi untuk menampung keluhan masyarakat).

"Target kami tahun ini ada 2.000 desa yang menggunakan sistem ini," jelas dia.

Menurut Nurdin, penerapan sistem itu dilakukan secara bertahap karena memerlukan pembangunan infrastruktur.

"Infrastrukttur pendukung kami siapkan seperti pusat data dan "mirroring"nya, jaringan internet, serta keamanan datanya," kata Nurdin. [Ant)
Share this article :

Post a Comment