Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pemkot Siantar Kewalahan Atasi Meluasnya Longsor Jalinsum

Pemuda ini naik becak Vespa menuju Tigaras dari Simarjarunjung Minggu 3 Januari 2016. Foto Asenk Lee Saragih.
JALAN LONGSOR DI JALINSUM SIANTAR

BERITASIMALUNGUN.COM, Pematangsiantar-Pemerintah Kota Siantar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pematangsiantar, kini masih kewalahan untuk  mengatasi meluasnya longsor di tiga titik ruas jalan lintas Sumatera (jalinsum) dari gerusan air, yang terjadi Minggu (7/2/2016) lalu.

Longsor yang semakin meluas karena hujan yang terus turun membuat warga sekitar dan pengguna jalan mengharapkan pemerintah segera menangani longsor yang bisa membahayakan keselamatan, khususnya malam hari.

“Setiap hari ratusan lebih kendaraan lewat, karena merupakan jalan umum ke berbagai daerah," kata Aro Lahagu (48 tahun), warga Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari.

Tiga titik yang rawan longsor susulan itu, Jalan AMD dekat Terminal Tanjung Pinggir Kecamatan Martoba, Jalan SM Raja di Kecamatan Siantar Utara dan kawasan Rindam I/BB Kecamatan Siantar Sitalasari.

Kepala BPBD Pematangsiantar Daniel Siregar mengatakan, ruas Jalan Gurilla Kecamatan Siantar Martoba dan Jalan Melanthon Siregar Kecamatan Siantar Timur, juga mengalami longsor.

Untuk ruas jalan provinsi, BPBD sudah mengajukan upaya perbaikan ke Dinas Bina Marga Pemprov Sumut melalui UPT di Pematangsiantar.

Sedangkan untuk jalan kota, disampaikan ke wali kota setelah ada permohonan dari masyarakat yang diketahui camat dan lurah.
Daniel mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar sungai untuk meningkatkan kewaspadaan terutama jika hujan turun.


“Banjir kiriman dari Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun perlu diwaspadai," kata Daniel. (Anlee)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments