. GURU YANG HEBAT | BeritaSimalungun
Home » , » GURU YANG HEBAT

GURU YANG HEBAT

Written By Beritasimalungun on Sunday, 13 March 2016 | 18:37

Br Sitopu Saat Kotbah Pesta Minggu GKPS Ke 58, Minggu 13 Maret 2016 di GKPS Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.
BERITASIMALUNGHUN.COM-Setiap orang boleh menjadi guru,tetapi hanya orang-orang spesial yang mampu menjadi guru yang hebat! "One of the truest marks of a great teacher is the ability to bring out the best in students. A great teacher recognizes their students’ potential to become great people, and they inspire them to be just that". (Teach.com)

Salah satu ciri paling benar dari seorang guru yang hebat adalah kemampuannya memberikan yang terbaik bagi siswanya. Seorang guru yang hebat mengakui potensi siswanya untuk menjadi orang-orang hebat, dan mereka menginspirasi mereka untuk menjadi orang hebat.

"Mama, guruku gitu deh ih!. Aku tidak pernah diperhatikan. Yang disuruh cuma anaknya aja, atau keluarganya, atau murid-murid yang disukainya saja".

Kasihan benar si anak, dan gurunya pasti bukan guru yang hebat.
Guru yang hebat tidak melakukan diskriminasi--dia melihat seluruh muridnya berpotensi, tidak hanya melakukan transfer pengetahuan, atau sekedar memenuhi target kurikulum, tetapi menginspirasi, memberi semangat, membesarkan hati siswanya.

Jadi kalau ada guru yang meremehkan siswanya, maka ia bukan guru yang hebat. Apalagi guru yang diskriminatif, sehingga hanya menampilkan anak- yang disukainya saja,tidak memberikan kesempatan kepada anak-anak yang lain.

Kalau ada guru yang membuat siswanya jadi kurang bersemangat, itu bukan guru yang hebat.

Sebagai seorang Kristen, kita meneladani cara mengajar Yesus. Yesus adalah contoh guru yang hebat, pengajar yang luar biasa.

Murid-muridnya adalah para nelayan, serta para pekerja kasar, bahkan kotor, ada yang ambisi dll. Tidak ada yang terbesar di antara para muridnya.

Simon Petrus (nelayan di Kapernaum), Andreas (murid Yohanes Pembabtis). Yakobus (pemikir dan orang yang kasar), Yohannes anak Zebedeus (baru melewati masa remaja, berasal dari keluarga kaya), Filipus, Natanael/Bartolomeus, Tomas, Matius (pemungut cukai), Jakobus anak Alfeus, Thadeus, Simon Orang Zelot, dan Judas Iskariot.

Yesus dalam waktu 3 tahun dengan khotbah dan teladan yang diberikannya, mampu mendidik, menginspirasi mereka dari yang tidak ada apa-apanya, menjadi murid-murid yang hebat.

Murid-muridnya mampu berempati, bersemangat, taat, disiplin , berdedikasi tinggi, kreatif, memilki iman yang luar biasa meneladani gurunya. 

Mereka tidak hanya dididik mengetahui kebenaran, tetapi mereka hidup di atas kebenaran dan rela mati demi kebenaran yang diajarkan gurunya. Bukan sebaliknya, menggunakan ilmunya untuk membelokkan kebenaran.

Semuanya mati martir setelah mendapat siksaan. (Kecuali Judas bunuh diri, setelah menyesali perbuatannya mengkhianati Yesus). Mereka adalah korban penolakan dunia atas kebenaran sejati! 

Yesus adalah guru yang hebat: khotbahNya adalah kebenaran, Dialah kebenaran itu sendiri. Teladan yang sempurna.

Tentu tidak ada orang yang seperti Dia. Kita hanya mampu meniru, meneladani cara mengajarNya. Itupun cuma sedikit saja, dan yang terjadi justru terus menerus menyimpang dan menyimpang.

Hanya karena Kasih Karunianyalah kita masih mampu mengajar, dan belajar, belajar, belajar, belajar terus! Guru yang baik, juga dilakoni Anne Sullivan yang mendidik Hellen Keller, orang yang buta dan tuli sejak usia 19 bulan, menjadi seorang yang hebat. Hellen Keller masuk 18 orang berpengaruh di seluruh dunia. Selamat hari Minggu. (St Jannerson Girsang)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.