Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ephorus Pdt WTP Simarmata: Siapapun Ephorus Terpilih Harus Dihormati

ULOS: Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA didampingi Ketua STT HKBP Pdt Victor Tinambunan MST menyerahkan ulos kepada Direktur Urusan Agama Kristen Drs Andar Gultom MPd pada acara wisuda sarjana STT HKBP di Gereja HKBP Siantar Kota Jalan Sangnaualuh, Pematangsiantar, Kamis (8/9/2016). Ist SIB
Dirjen Bimas Kristen Protestan Serukan Jaga Keutuhan Jelang Sinode HKBP 


BeritaSimalungun.com, Siantar-Dirjen Bimas Kristen Protestan diwakili Drs Andar Gultom MPd meyerukan keutuhan warga menjelang Sinode Agung HKBP di Sipoholon, Tapanuli Utara 12-18 September 2016. 

Siklus tigapuluhtahunan  jangan  terulang, kata Andar Gultom Direktur Urusan Agama Kristen Kementerian Agama dalam sambutannya di acara wisuda STT HKBP di Gereja HKBP Siantar Kota Jalan Sangnaualuh, Pematangsiantar, Kamis (8/9/2016).


Sementara Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA senada meminta siapapun yang terpilih dalam Sinode Agung HKBP sejatinya didukung seluruh jemaat. "Siapapun terpilih harus kita hormati," tegasnya ketika memberikan sambutan.

Acara wisuda sarjana STT HKBP  berlangsung meriah dan tertib diawali barisan prosesi  civitas akademika dipimpin Ketua STT HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan MST didampingi Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan wisudawan dari Kantor STT HKBP menuju Gereja HKBP Siantar Kota.

Ketua STT HKBP Pdt Dr Viktor Tinambunan MST mewisuda 53 orang STh, 23 orang SPaK, 5 orang MDiv dan 20 orang MTh ditandai penyerahan ijazah dan selempang sarjana. Para wisudawan dari berbagai latar denominasi gereja misalnya BNKP, GBKP dan HKBP.

Di awal acara sidang senat wisuda mahasiswa STT HKBP, Pdt Dr Victor Tinambunan MST menyampaikan orasi ilmiah wisuda dirinci dalam format kalimat yang bernas dan padat (1) affluenza (2) krisis ekologis yang sangat parah (3) jual-beli kematian dan (4) pergeseran nilai-nilai keluarga.

Menjabarkan tentang affluenza kata Ketua STT HKBP itu bukan "virus" penyakit baru. Ia adalah virus lama yang lebih parah dari influensa yang tak kunjung tuntas karena belum menggunakan "vaksin" yang tepat. Sedangkan affluenza adalah penyakit kerakusan, ia adalah mindset materialistik.

Menyinggung krisis ekologis, Pdt Victor Tinambunan selaku seorang ilmuwan membuat analisis ilmiah, bumi sedang menderita "demam tinggi" dengan berbagai dampaknya terhadap kehidupan. Mengutip pendapat para ahli berkesimpulan krisis ekologis saat ini terutama disebabkan "human error."

Orasi ilmiah diawali dalam perspektif pelayanan gereja, pelayanan berkarakter hamba dan penutup Pdt Dr Victor Tinambunan MST seharinya menjabat Ketua STT HKBP menekankan suatu prediktif tantangan kehidupan begitu dahsyat dan tugas pelayanan terasa berat.

Acara wisuda diawali kebaktian dipimpin Bishop GKPI Pdt Oloan Pasaribu MTh. Khotbah Bishop GKPI meluncurkan sederet pertanyaan ditujukan kepada para wisudawan "apakah akan sanggup melayani di tengah masyarakat ?"

Pdt Oloan Pasaribu berharap para wisudawan memberi buah di gereja menjadi agen perubahan. Dia memberi ilustrasi, Yesus mahaguru teologi memberikan yang terbaik di tengah masyarakat dan gereja.

Wisudawan STT HKBP sangat diharapkan Direktur Urusan Agama Kristen Kementerian Agama Drs Andar Gultom MPd dapat menunjukkan penuh idealisme semasih mahasiswa, apabila sudah bertugas di tengah masyarakat.

Dia menyebut diisyaratkan Kementerian Agama memprogramkan mengangkat 10 ribu tenaga penyuluh lulusan STT (Sekolah Tinggi Teologia). Ini suatu peluang buat wisudawan.

Dalam kaitan ini rencana pengangkatan 10 ribu tenaga penyuluh harus memiliki karakter, integritas dan kualitas. Kesempatan ini diserukan ke arah wisudawan agar lebih awal menyiapkan diri.

Di lain sambutannya, Direktur Urusan Agama Kristen meminta warga HKBP menjaga keutuhan menjelang dan sesudah Sinode Agung HKBP. Selaku penjabat di Kementerian Agama, Andar Gultom mengingatkan siklus tigapuluhtahunan, diminta dengan suara lantang jangan terulang. "Capek kami dari Kementerian Agama menanganinya," katanya penuh harap.

Masih soal Sinode Agung HKBP, Ephorus WTP Simarmata MA senada dengan Direktur Urusan Agama Kristen berharap siapapun yang terpilih dalam sinode nanti, sejatinya didukung seluruh jemaat. "Siapa pun terpilih harus kita hormati," tandas Ephorus.

WTP Simarmata mengulas tiga aspek yang sejatinya dimiliki para wisudawan semisal iman, karakter dan kualitas. Ketiga aspek dimaksud mutlak dipahami dan didalami seorang teolog agar berhasil mengimplementasikan tugas pelayanan di tengah gereja pun masyarakat. 

Di akhir acara, Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA didampingi Ketua STT HKBP Pdt Victor Tinambunan MST, Ketua Departemen Koinonia HKBP sejumlah praeses menyerahkan ulos kepada Direktur Urusan Agama Kristen, Drs Andar Gultom MPd. (SIB)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments