}); Gubsu Minta Pemkab Simalungun Serius Menata Kembali Danau Toba | BeritaSimalungun
Home » , , » Gubsu Minta Pemkab Simalungun Serius Menata Kembali Danau Toba

Gubsu Minta Pemkab Simalungun Serius Menata Kembali Danau Toba

Written By Beritasimalungun on Friday, 24 February 2017 | 06:58

Sekelompok Aktivis Lingkungan Peduli Danau Toba saat menemukan lintah di Perairan Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun. Dok BS
BeritaSimalungun.com, Medan-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) T Erry Nuradi meminta pemerintah kabupaten di kawasan Danau Toba khususnya Kabupaten Simalungun untuk serius menata kembali objek wisata nasional itu agar bisa menjadi Monaco of Asia.

Erry ingin pemerintah daerah mencontoh penataan objek wisata di luar negeri yang telah mendunia. “Saya minta pemerintah setempat, terutama Pemkab Simalungun, agar kembali menata Danau Toba, termasuk pengaturan masyarakat yang berdagang di sana,” kata Erry di Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro Medan, Kamis (23/2/2017).

Disebutkan, kedepan Erry berharap Danau Toba sebagai objek wisatawan internasional bersih dari pencemaran lingkungan. Dia juga tidak ingin ada lagi pencemaran, termasuk binatang air berbahaya di perairan Danau Toba sebagaimana ramai diberitakan belakangan ini (lintah dan kutu air).

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Hidayati, mengatakan, selama ini pencemaran yang terjadi di perairan Danau Toba dipicu adanya limbah domestik (rumah tangga), limbah hotel, limbah manusia serta limbah pertanian dan industri. Selain itu, akibat keberadaan keramba jaring apung (KJA) baik milik masyarakat maupun perusahaan.

“Kami memang menyadari kalau masyarakat juga hidup dari keberadaan KJA. Kita juga memang membutuhkan ikan tapi masih ada cara lain yang dilakukan tanpa harus membuat KJA. Cara seperti tangkap lebih baik daripada budi daya ikan KJA,” terangnya. (BS-2)


Share this article :

Post a Comment